Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2021, 10:38 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Epicurious

JAKARTA, KOMPAS.com — Pisau menjadi salah satu alat yang penting yang harus ada di dapur. Dengan menggunakan pisau yang tepat, kita akan menghasilkan potongan yang baik dan benar, serta tidak kehilangan tekstur dan rasa dari makanan.

Pisau untuk memasak memiliki beragam jenis. Namun menurut Brendan McDermott, instruktur koki dan pakar keterampilan pisau di Institut Pendidikan Kuliner New York, kamu harus membekali diri dengan pisau yang tepat untuk memasak dengan baik.

Berikut adalah lima jenis pisau yang sebaiknya dimiliki oleh koki rumahan, seperti dikutip dari Epicurious, Jumat (2/4/2021). 

Baca juga: Pisau, Sendok, dan Garpu Berkarat? Ini Penyebab dan Solusinya

1. Pisau koki atau chef knife

Pisau koki klasik adalah pisau terpenting dalam koleksi. McDermott merekomendasikan pisau koki berukuran 20 cm sampai 25 cm, yang ia akui mungkin sedikit lebih panjang daripada yang dirasa nyaman bagi kebanyakan orang.

Namun, tepi yang lebih panjang membuat pisau lebih fleksibel dan efisien. Menurut McDermott, semakin panjang mata pisau dari pisau yang kamu pakai, maka akan semakin aman untuk digunakan mengiris.

Kegunaan

“Pisau koki adalah alat bantu untuk lebih dari 90 persen tugas dapur sehari-hari,” kata McDermott, termasuk sebagian besar mengiris dan memotong buah-buahan, sayuran, daging, dan ikan.

Dan meskipun pisau koki mungkin menjadi "raja dapur", pisau itu tidak boleh digunakan untuk memotong unggas dan untuk membuat lubang dalam kaleng.

Baca juga: Tips Mengasah dan Menjaga Pisau Tetap Tajam

Lebar dari mata pisau chef knife membuatnya lebih berat untuk tugas-tugas itu. Sebaiknya gunakan pisau yang lebih kecil untuk melakukannya.

2. Pisau pengupas

Pisau pengupas akan mengerjakan hal-hal yang tak bisa dikerjakan oleh chef knife.

“Karena rata-rata mata pisau pengupas berukuran sekitar 9 cm, ini adalah alat yang hebat untuk bahan makanan apa pun yang membutuhkan perhatian terhadap detail,” kata McDermott.

Kegunaan

Pisau ini merupakan pilihan terbaik untuk mengiris item yang terlalu kecil untuk pisau berukuran 20-25 cm, seperti menyincang bawang putih, mengupas stroberi, atau mengupas buah dan sayuran.

Hindari menggunakan pisau pengupas untuk memotong sayuran yang sangat keras, seperti wortel atau akar seledri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com