Kompas.com - 01/04/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi kucing yang sedang sakit. SHUTTERSTOCK/SOPHIE MCAULAYIlustrasi kucing yang sedang sakit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing yang mengalami diare tentu membuat kita sangat khawatir. Hal yang kerap muncul di pikiran adalah langsung melarikan kucing ke dokter hewan untuk menerima perawatan.

Namun, ternyata jika kucing diare, Anda tidak perlu langsung membawanya ke dokter hewan. Anda bisa terlebih dahulu merawat kucing yang sedang diare di rumah.

Dilansir dari PetMD, Kamis (1/4/2021), berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat kucing yang sakit diare.

Baca juga: Kucing Tiba-tiba Berjalan Mundur, Ternyata Bisa Karena Penyakit

Kapan harus ke dokter hewan?

Kaji tingkat keparahan diare kucing Anda dan kondisi keseluruhannya saat mencoba memutuskan apakah harus membawanya ke dokter hewan. Jika kucing mengalami diare yang relatif ringan, tidak muntah, mau makan dan minum, serta tampaknya tidak merasa terlalu buruk, maka Anda dapat merawatnya di rumah.

Sebaliknya, jika salah satu hal berikut ini menggambarkan kondisi kucing Anda, segera bawa dokter hewan:

  • Kucing masih sangat muda, sangat tua, atau memiliki masalah kesehatan mendasar yang membuatnya rentan terhadap efek dehidrasi.
  • Kucing muntah, lesu, depresi, kesakitan, atau memiliki gejala mengkhawatirkan lainnya.
  • Diare banyak, berair, meledak-ledak, atau sangat sering.
  • Diare mengandung darah atau berwarna gelap dan tinggal.

Baca juga: Mengapa Kucing Kerap Menghilang dan Kembali Beberapa Hari Setelahnya?

Beberapa cara mengobati kucing diare

Setelah Anda mengetahui bahwa kucing yang mengalami diare dapat dirawat di rumah, Anda harus memilih jenis perawatan yang ingin dicoba. Berikut adalah lima opsi perawatan kucing diare, dengan petunjuknya.

1. Ganti makanan kucing

Tidak perlu mempertahankan makanan kucing jika membuat kucing Anda diare. Faktanya, hal itu dapat menghambat kemampuan saluran usus untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan membuat kucing berisiko terkena jenis penyakit hati yang berpotensi fatal yang disebut lipidosis hati.

Halaman:


Sumber Pet MD
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X