Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Ide Penyimpanan untuk Ruang Tamu Kecil

Kompas.com - 17/03/2021, 07:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika dapur Anda adalah jantung rumah, ruang tamu adalah jiwa. Di sinilah Anda mengobrol dengan sahabat, menikmati acara favorit Anda.

Tetapi tinggal di tempat yang berantakan dapat perasaan tidak nyaman ketika beraktifitas di ruang tamu, jadi jika Anda kekurangan tempat penyimpanan dan meninggalkan barang-barang Anda berserakan di sekitar ruangan, mungkin sudah waktunya untuk mencari solusi.

Dilansir dari Hunker, Rabu (17/3/2021), ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan. Pertama, apa tata letak Anda?

Baca juga: 6 Kesalahan dalam Tata Letak Ruang Tamu dan Solusinya

Kebutuhan penyimpanan untuk denah lantai terbuka akan berbeda dari ruang tamu tertutup, karena Anda bekerja dengan lebih sedikit dinding. 

Selain itu, jika Anda kekurangan ruang, Anda mungkin dapat memilih furnitur tujuan ganda untuk memaksimalkan setiap inci.

Anda juga perlu mempertimbangkan anggaran. Jika Anda memiliki banyak dana, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan diri dan mempertimbangkan hal-hal seperti lemari built-in dan furnitur yang dipesan lebih dahulu.

Bagi kebanyakan orang, fokus ruang tamu adalah pusat hiburan, jadi itu adalah tempat yang baik untuk sebagian besar penyimpanan. Berikut beberapa solusi untuk penyimpanan di ruang tamu. 

Baca juga: Ingin Mendekorasi Ruang Tamu? Hindari 10 Kesalahan Ini

Built-in

Dengan memilih furnitur buit-in Anda bisa memesan furnitur sesuai dengan luas ruangan dan fungsi serta kebutuhannya. Misalnya, meja kopi yang memiliki penyimpanan lebih di bagian bawahnya atau rak TV yang bisa dijadikan sebagai penyimpanan barang sekaligus.

Rak

Namun, jika keterbatasan anggaran, Anda bisa memilih furnitur yang sudah tersedia di toko dengan mempertimbangkan ukuran, serta fungsinya secara maksimal.

Gunakan rak buku putih polos untuk mempercantik ruang minimalis, atau model rak kaca dari logam untuk tampilan geometris dan modern.

Credenzas

Crendezas merupakan lemari yang dapat sekaligus menjadi meja. Crendezas klasik dapat menjadi salah satu titik fokus di ruang tamu kecil.

Pilih satu dengan lemari tertutup untuk menyelipkan kabel, atau pertimbangkan rak terbuka jika Anda ingin memamerkan koleksi Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com