Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2021, 19:28 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Bunga petunia dikenal sebagai bunga yang menawarkan warna-warna pastel yang indah dengan waktu mekar yang tahan lama.

Selain itu, perawatan bunga petunia juga sederhana dan mudah. Karena itulah bunga ini banyak ditanam di taman kecil atau juga pot-pot dan kontainer di ambang jendela.

Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (16/3/2021), empat spesies petunia mencakup ratusan kultivar yang menawarkan keunikan dan keindahannya sendiri.

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Bunga Kenanga Atau Ylang Ylang

  • Petunia Grandiflora adalah jenis petunia yang tumbuh paling umum. Spesies ini memiliki mekar 7,5 hingga 10 cm. Yang sering tumbuh tegak, tetapi bisa saja condong ke sisi wadah atau kotak jendela, karena bunganya yang besar.
  • Petunia multiflora memiliki bunga yang lebih kecil dan mekar lebih banyak.
  • Petunia milliflora adalah versi miniatur dari petunia. Petunia jenis ini terkenal sering berbunga dan biasa berbunga dalam satu waktu yang bersamaan.
  • Spreading petunia yang memiliki pohon hanya setinggi 15 cm.

Perawatan petunia

Perawatan petunia sederhana dan cenderung mudah. Unuk penyiraman petunia cukup dirawat secara teratur dan sinar matahari sebanyak mungkin agar menghasilkan banyak bunga.

Petunia penutup tanah yang menyebar paling sensitif tentang air; penyiraman mingguan harus disertakan dalam perawatan petunia.

Baca juga: Apa Itu Bunga Pukul Empat dan Cara Menanamnya

Sementara petunia akan tumbuh di lokasi yang sebagian teduh, mekar yang lebih penuh dan lebih berlimpah dihasilkan di bawah sinar matahari penuh. Tanah yang disiapkan sebelum tanam petunia harus memiliki bahan organik yang dikomposkan dengan baik.

Perawatan petunia akan mencakup pemupukan teratur dengan pupuk seimbang yang larut dalam air yang dirancang untuk tanaman yang sedang mekar. Cahaya, air, dan pemupukan yang tepat saat merawat petunia akan membuat petunia mekar dengan indah.

Selain itu, untuk kamu yang menanam petunia di dalam pot, sebaiknya segera memindahkan petunia ke dalam pot baru jika tanaman semakin tinggi.

Tips membeli bunga petunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com