Kompas.com - 16/03/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi kucing di halaman rumah. PIXABAY/ANTE HAMERSMITIlustrasi kucing di halaman rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah melihat ada kucing atau kucing peliharaan kita menghabiskan waktu di halaman rumah untuk buang air? Tentu saja ini sangat menjengkelkan, karena menimbulkan bau dan kotoran di halaman rumah.

Lalu, bagaimana cara mengusir kucing agar tidak buang air di halaman rumah kita? Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (16/3/2021), berikut penjelasannya.

Cara menjauhkan kucing dari halaman rumah

Kucing tidak dapat diprediksi dan sangat teritorial, jadi menjauhkan kucing dari area taman bisa sedikit rumit. Kucing menandai wilayah dengan menyimpan feromon dari kelenjar aroma (buang air kecil atau lainnya), dan akan terus berkunjung selama aromanya tetap ada.

Baca juga: 5 Tanda Kucing Peliharaan Tunggal Merasa Kesepian

Oleh karena itu, jika area halaman rumah Anda sering dikunjungi kucing, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah kucing keluar dari halaman adalah membuang kotoran beserta sebagian tanahnya.

Anda kemudian dapat mencoba menaburkan pengusir kucing di area tersebut dan berharap itu berhasil atau pertimbangkan untuk meletakkan kawat ayam di atas tanah Anda. Ini mencegah kucing menggaruk dan menggali tanah, sehingga mencegah mereka menggunakannya sebagai kotak kotorannya.

Demikian pula, kucing biasanya menjauhi area yang ditumbuhi batu, kerikil, atau bahan serupa. Terakhir, Anda bisa memotong lemon, jeruk, atau buah jeruk serupa dan menaruhnya di taman agar kucing tidak menggunakan area ini sebagai toilet.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara agar kucing tidak memakan tanaman di halaman rumah

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan kucing memakan tanaman. Sekali lagi, tidak ada yang mutlak, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda coba.

Baca juga: Bolehkah Kucing Diberi Makan Nasi? Simak Penjelasannya Ini

Kucing benci basah. Oleh karena itu, ketika Anda melihat kucing sedang menggigit tanaman di halaman, Anda dapat mencoba menyemprotnya dengan selang taman atau pistol air untuk memperkuat fakta bahwa mereka tidak diinginkan di dekat tanaman Anda.

Mempelajari cara mengusir kucing dengan tanaman adalah alternatif lain. Anda dapat memilih untuk memasukkan tanaman yang menurut kucing tidak menarik atau enak dan diketahui dihindari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X