Kompas.com - 16/03/2021, 12:58 WIB
Ilustrasi kucing jenis Devon Rex. PIXABAY/ZDENO KITTLERIlustrasi kucing jenis Devon Rex.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang menurut pemilik kucing sangat menarik tentang teman berbulu mereka adalah kesan kemandirian yang dimiliki seekor kucing.

Seekor kucing dapat merawat diri mereka sendiri, menghibur diri mereka sendiri, dan melakukan apa pun yang mereka inginkan sendiri.

Tapi, perlu kamu ketahui bahwa kucing tidak bisa dibiarkan sendirian atau kesepian, apalagi kucing yang kamu pelihara adalah satu-satunya dan tidak ada kucing lain yang menemaninya.

Baca juga: Bolehkah Kucing Diberi Makan Nasi? Simak Penjelasannya Ini

Reputasi sebagai penyendiri dan mandiri ini telah membuat banyak orang percaya bahwa kucing tidak bisa kesepian, dan tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran.

Kucing mendambakan persahabatan, dan jika mereka sering dibiarkan sendiri selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, mereka mengalami perasaan kesepian, depresi, atau kecemasan yang sama seperti manusia.

Jika kucing peliharaanmu kesepian, dia tidak akan langsung keluar dan memberi tahumu, tetapi dia mungkin memberikan petunjuk halus bahwa dia ingin lebih banyak waktu bersama.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (16/3/2021), berikut ini ada beberapa pertanda bahwa kucing peliharaanmu merasa kesepian.

Baca juga: Berapa Berat Badan Kucing yang Ideal? Ini Penjelasannya

Bagaimana kamu bisa tahu jika kucingmu kesepian?

1. Perawatan berlebihan

Kucing yang kesepian sering kali mencabut bulu atau merawat dirinya sendiri secara berlebihan.

Kucing pada dasarnya adalah penata rambut yang cermat, tetapi jika pola perawatan kucingmu mulai berbatasan dengan perilaku obsesif kompulsif, itu mungkin merupakan tanda bahwa ia merasa sedikit kesepian.

2. Vokalisasi berlebihan

Beberapa kucing pada dasarnya rewel, tetapi jika kucingmu yang biasanya pendiam tiba-tiba menjadi sangat cerewet, mungkin itu caranya untuk meminta lebih banyak perhatian.

Vokalisasi yang keras dan terus-menerus juga merupakan petunjuk yang cukup bagus bahwa kesepian mungkin menjadi masalah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X