Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Menjauhkan Kucing agar Tak Buang Air di Halaman Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah melihat ada kucing atau kucing peliharaan kita menghabiskan waktu di halaman rumah untuk buang air? Tentu saja ini sangat menjengkelkan, karena menimbulkan bau dan kotoran di halaman rumah.

Lalu, bagaimana cara mengusir kucing agar tidak buang air di halaman rumah kita? Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (16/3/2021), berikut penjelasannya.

Cara menjauhkan kucing dari halaman rumah

Kucing tidak dapat diprediksi dan sangat teritorial, jadi menjauhkan kucing dari area taman bisa sedikit rumit. Kucing menandai wilayah dengan menyimpan feromon dari kelenjar aroma (buang air kecil atau lainnya), dan akan terus berkunjung selama aromanya tetap ada.

Oleh karena itu, jika area halaman rumah Anda sering dikunjungi kucing, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah kucing keluar dari halaman adalah membuang kotoran beserta sebagian tanahnya.

Anda kemudian dapat mencoba menaburkan pengusir kucing di area tersebut dan berharap itu berhasil atau pertimbangkan untuk meletakkan kawat ayam di atas tanah Anda. Ini mencegah kucing menggaruk dan menggali tanah, sehingga mencegah mereka menggunakannya sebagai kotak kotorannya.

Demikian pula, kucing biasanya menjauhi area yang ditumbuhi batu, kerikil, atau bahan serupa. Terakhir, Anda bisa memotong lemon, jeruk, atau buah jeruk serupa dan menaruhnya di taman agar kucing tidak menggunakan area ini sebagai toilet.

Cara agar kucing tidak memakan tanaman di halaman rumah

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan kucing memakan tanaman. Sekali lagi, tidak ada yang mutlak, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda coba.

Kucing benci basah. Oleh karena itu, ketika Anda melihat kucing sedang menggigit tanaman di halaman, Anda dapat mencoba menyemprotnya dengan selang taman atau pistol air untuk memperkuat fakta bahwa mereka tidak diinginkan di dekat tanaman Anda.

Mempelajari cara mengusir kucing dengan tanaman adalah alternatif lain. Anda dapat memilih untuk memasukkan tanaman yang menurut kucing tidak menarik atau enak dan diketahui dihindari.

Misalnya, beberapa tanaman mengeluarkan bau yang tidak disukai kucing, seperti tanaman Coleus canina.

Tanaman lain yang sering direkomendasikan untuk menjauhkan kucing termasuk rue, lavender, rosemary, dan pennyroyal.

Selain itu, Anda juga dapat menarik selera mereka dengan menanam catnip di area luar taman yang lebih disukai oleh mereka.
Jauhkan Kucing dari Halaman

Untuk mencegah kucing menjauh dari pekarangan, Anda bisa mencoba menaburkan zat yang menyinggung di sekitar area tersebut seperti serpihan cabai rawit atau amonia.

Penolak ini juga dapat disemprotkan ke sekeliling. Semprotan jeruk tampaknya juga bekerja dengan baik.

Anda juga bisa memasukkan tanaman yang tidak disukai kucing. Misalnya, tanam rosemary di sekeliling halaman rumput.

Kucing membencinya dan biasanya akan menghindari area tersebut. Bagi mereka yang mampu membelinya, tersedia alat penyiram gerak yang menyemprotkan kucing setiap kali mereka memasuki halaman Anda.

Bikin pengusir kucing

Ada banyak produk di pasaran yang dapat mengusir kucing dan membantu menjauhkan kucing dari pekarangan. Misalnya, serai sangat bagus untuk digunakan, karena tidak hanya aman tetapi juga bekerja untuk mengusir hewan lain juga.

Namun, Anda juga bisa membuat pembasmi kucing di rumah. Pengobatan rumahan termasuk kulit jeruk, cabai rawit, bubuk Chili, menggosok bawang mentah di suatu area, dan cuka.

Pun Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan pagar atau pembatas lainnya.


Salah satu obat pembasmi kucing buatan rumah yang tampaknya bekerja cukup baik mengandung tidak lebih dari campuran rosemary dan air. Ini kemudian disemprotkan di area yang bermasalah atau di sekeliling halaman rumput Anda.

Namun demikian, berhati-hatilah saat mengaplikasikan serpihan cabai rawit atau cabai merah ke halaman rumah. Pastikan kucing belum ada dan jangan melakukannya pada hari yang berangin untuk menghindari serpihan (atau bahkan semprotan) masuk ke mata hewan.

Akan tetapi, setelah dioleskan, biasanya hanya ada sedikit ancaman bagi kucing, karena mereka biasanya akan mencium bau cabai dan menghindari area tersebut.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/16/161300376/simak-cara-menjauhkan-kucing-agar-tak-buang-air-di-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke