Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2021, 11:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tentu kita ingin selalu merasa bahagia di rumah. Sebab, rumah bukan hanya tempat bernaung, namun juga harus sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sendiri.

Feng shui yang merupakan filosofi kuno asal China memiliki sejumlah panduan dalam mewujudkan kebahagiaan di rumah. Menurut pakar feng shui dan pimpinan Ennate Design & Development Joanna Lily Wong, salah satu faktor penting dalam Feng shui adalah chi atau energi.

Ia menganalogikan chi seperti aliran air, yang bisa tenang maupun deras.

Baca juga: Tanaman Apa Saja yang Baik Menurut Feng Shui? Ini Daftarnya

"Di ruangan besar di mana tidak ada banyak furnitur, energi mengalir masuk seperti banjir, yang dapat membuat Anda merasa tersesat dan tidak tahu harus pergi ke mana," kata Wong, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens, Selasa (16/3/2021).

Sebaliknya, imbuh Wong, ruangan kecil yang dipenuhi dengan terlalu banyak perabotan tidak memberikan energi yang cukup untuk bergerak, sehingga menimbulkan perasaan tersendat.

"(Feng shui) berakar pada gagasan bahwa Anda menemukan energi positif bukan dengan menyilangkan jari dan mengharapkannya, tetapi dengan mencarinya," kata Gabrielle Santiago, pakar feng shui dan desainer interior asal Los Angeles, AS.

Untuk mewujudkan nuansa harmonis dan kebahagiaan di rumah, berikut panduan sederhananya menurut feng shui.

Baca juga: Jenis Tanaman Ini Bawa Energi Buruk Menurut Feng Shui

1. Singkirkan kekacauan

Menurut filosofi, kekacauan yang berlebihan dapat menghambat aliran energi di rumah Anda.

"Jika Anda merasa lelah, depresi, tidak termotivasi, atau sesak, chi di rumah Anda mungkin terlalu lambat," terang Santiago.

Gunakan solusi pengorganisasian yang membantu Anda meminimalkan kekacauan, terutama di sekitar lorong seperti pintu dan lorong.

Singkirkan semua rintangan yang menghalangi jalan saat Anda berjalan di rumah, dan singkirkan barang-barang yang tidak perlu atau tidak diinginkan yang menghabiskan ruang berharga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com