Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk di Atas Laptop hingga Tidur Meringkuk, Arti Bahasa Tubuh Kucing

Kompas.com - 13/03/2021, 20:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan manusia, kucing juga memiliki cara untuk berkomunikasi dengan makhluk hidup lainnya.

Bahkan, dilansir dari Pet Helpful, Sabtu (13/3/2021), manusia dan kucing peliharannya dapat berbagi ikatan yang khusus dan kompleks, dan kucing peliharaan Anda dapat mengomunikasikan kebutuhannya kepada Anda menggunakan isyarat fisik tertentu.

Sorot mata kucing, bahasa tubuhnya dan vokalisasinya semuanya sebenarnya cara mereka berkomunikasi yang memiliki arti.

Baca juga: Apa Kucing Bisa Kesepian Jika Pemiliknya Hanya Merawat Satu Ekor?

Lantas, apa saja arti dibalik komunikasi mereka? Simak ulasannya di sini.

Berguling di lantai

Jika kucing berguling-guling di lantai, dia akan tunduk atau mengundang Anda untuk bermain. Biasanya mereka akan berguling di dekat orang yang ingin mereka ajak bermain.

Mata sipit

Kucing menyipitkan mata saat mereka senang. Jika mereka menutup mata perlahan sambil melihat, itu menunjukkan bahwa mereka mempercayai Anda. Jangan merusak kepercayaan mereka.

Menempelkan punggung di wajah Anda

Kucing Anda menganggap mengendus ekor sebagai hal yang normal, dan hal ini merupakan versi sapaan hangat bagi kaum kucing.

Baca juga: Kenapa Kucing Mencret? Penyebab dan Cara Menanganinya

Tidur sambil meringkuk

Kucing meringkuk menjadi bola-bola kecil saat tidur sehingga menghasilkan dan mempertahankan panas tubuh yang cukup untuk merasa hangat saat tidur.

Menguleni

Pasti Anda pernah melihat kucing dengan gerakan menguleni atau seperti menginjak-injak pemiliknya? Perilaku kucing ini merupakan sifat sisa sejak mereka kecil karena menguleni akan membantu induk atau ibu mereka menghasilkan susu.

Selipkan kaki depan di bawah perut

Kucing Anda mungkin sering menyelipkan kaki depan di bawah perutnya, membuatnya terlihat seperti roti yang lucu dan menggemaskan.

Tapi selain terlihat imut, apa artinya? Kucing melakukan ini saat mereka merasa aman dan nyaman jika mereka duduk seperti ini, mereka mungkin berpikir bahwa mereka tidak perlu menggunakan cakar mereka dalam waktu dekat.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com