Kompas.com - 16/03/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. UNSPLASH/HENDIKA S PRATAMAIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman cabai dapat memberikan berbagai manfaat, salah satunya adalah saat masa panen Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan memasak tanpa harus membelinya ke pasar.

Terlebih lagi, ketika harga cabai melonjak tinggi, Adna tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkan cabai.

Tanaman cabai termasuk tanaman yang mudah dirawat, namun sama halnya dengan tanaman lainnya, tanaman cabai memiliki musuh yang dapat menghambat pertumbuhannya, yakni hama.

Baca juga: Ini Jenis Pupuk agar Tanaman Cabai Rawit di Polybag Berbuah Lebat

Biasanya, hama tanaman akan membuat cabai tidak bisa tumbuh dan hingga kematian. Salah satunya yang paling umum adalah hama kutu putih yang membuat keriting pada tanaman cabai.

Namun, sebenarnya keriting pada daun tanaman cabai ini bisa diatasi dengan mudah.

Mempercepat pertumbuhan cabai

Mengutip kanal Youtube Rumah Petani TV, Selasa (16/3/2021), jika kondisi daunnya tidak terlalu keriting, bisa diatasi menggunakan pupuk urea.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pupuk Urea ini sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan baru pada tanaman cabai rawit dan kesuburan pada daun.

Baca juga: Buah Cabai Rontok dan Busuk? Lalat Buah Bisa Jadi Penyebabnya

Untuk membuatnya, pertama masukkan air kurang lebih 1 liter di dalam wadah ember, kemudian masukkan pupuk ureanya setengah sendok makan dan setelahnya aduk hingga larut.

Jika sudah larut, bisa langsung disiramkan ke tanaman cabai. Yang harus diperhatikan adalah siram larutan pupuk ini dari bawah atau bagian tanahnnya dan hindari menyiram dari bagian atas atau mengenai daun.

Tak hanya itu, untuk menghilangkan daun keriting pada tanaman cabai, Anda perlu menyemprotkan larutan air dan tembakau selama satu minggu sekali. Tak hanya membuat daun menjadi tidak keriting, namun larutan ini membuat kutu putih pun hilang.

Semprotkan ke bagian bawah daun karena hama kutu putih paling banyak berada di daerah tersebut.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.