Kompas.com - 20/04/2021, 17:11 WIB
Ilustrasi AC. SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIOIlustrasi AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menjauhkan hawa panas di sebuah ruang dalam rumah, memasang AC adalah jawaban bagi sebagian besar penghuni rumah, khususnya mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang terik.

Oleh karena itu, bukan pemandangan yang asing apabila rumah-rumah di daerah perkotaan banyak yang menggunakan AC, bahkan lebih dari satu unit.

Meski begitu, tidak sedikit pemilik AC masih ada yang percaya dengan mitos-mitos mengenai penggunaan atau aturan dalam menggunakan AC, yang pada kenyataannya hal itu justru tidak benar adanya.

Baca juga: 5 Cara Efektif untuk Membuat Rumah Tetap Adem Meski Tanpa AC

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20/4/2021), berikut ini beragam mitos mengenai penggunaan AC yang tidak lagi harus kamu percaya.

1. Menyetel ke suhu terendah untuk mempercepat pendinginan

Saat cuaca begitu panas, biasanya orang-orang akan langsung menyalakan AC dan memilih suhu terendah agar dapat mendapatkan hawa sejuk dan dingin dengan lebih cepat.

Perlu kamu ketahui bahwa hal demikian adalah mitos. Kesalahan umum ini berasal dari masa lalu ketika banyak pemilik rumah tidak tahu bagaimana sistem AC mereka bekerja.

Mengutip Stans AC, orang-orang sering kali mengatur suhu AC mereka ke suhu yang sangat rendah, mengira AC akan mendinginkan ruangan atau rumah lebih cepat. Tapi, pada kenyataannya itu tidak.

Baca juga: 13 Kemungkinan yang Menyebabkan AC Tidak Mau Menyala

AC milikmu bekerja sama kerasnya ketika kamu mencoba mendinginkan rumah dengan menurunkan satu derajat atau 15 derajat. Tindakan terbaik adalah mengatur suhu tepat di tempat yang kamu butuhkan.

Ini hanya masalah waktu dan pengaturan yang telah kamu pilih. Jadi atur suhu yang tepat di tempat yang kamu inginkan, tidak lebih rendah dari yang kamu butuhkan.

2. Semakin besar unit AC, semakin baik

Ya, ukuran AC memang penting, tetapi yang terpenting adalah menemukan unit AC yang berukuran sesuai untuk rumahmu, bukan hanya yang terbesar yang dapat kamu temukan.

Jika kamu memerlukan contoh, pikirkan betapa tidak efisiennya menempatkan mesin mobil sport 12 silinder di dalam hatchback mungil.

Kemampuan pendinginan AC yang terlalu besar akan ditiadakan oleh daya yang digunakannya. Selain itu, AC dengan ukuran yang tidak tepat cenderung berputar lebih sering, yang menyebabkan keausan yang lebih cepat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X