Kompas.com - 19/04/2021, 19:05 WIB
Ilustrasi menghirup udara segar di rumah SHUTTERSTOCK/FIZKESIlustrasi menghirup udara segar di rumah

JAKARTA, KOMPAS.com — Musim panas yang kering membuat rumah menjadi terasa panas dan lembab. Cara paling mudah mengatasi panas dalam ruanngan adalah menyalakan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

Namun cara ini tentu akan menyedot daya listrik lebih banyak dan membuat tagihan listrik membengkak.

Untuk kamu yang ingin berhemat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendinginkan ruangan meski tanpa menggunakan AC, berikut adalah lima diantaranya yang dilansir dari Roohome, Senin (19/4/2021).

Baca juga: 13 Kemungkinan yang Menyebabkan AC Tidak Mau Menyala

1. Tutup gorden di siang hari dan biarkan udara masuk di malam hari

Menutup tirai pada siang hari pasti dapat membantumu menghalangi sinar matahari langsung memasuki kamar. Ini akan membantu mendinginkan ruangan.

Coba gunakan tirai yang bisa melindungimu dari cahaya untuk jendela dan pintu, karena tirai dengna bahan yang tepat akan menghalangi panas dan menjaga ruangan tetap dingin.

Jika ruangan memiliki banyak ruang terbuka, pastikan kamu menutupnya dengan benar, seperti jendela, pintu, dan bukaan lainnya.

Jika ada beberapa ruangan lain yang tidak biasa kamu gunakan, kamu bisa menutup ruangan tersebut untuk menghindari aliran udara dingin ke ruang-ruang kosong di ruangan yang tidak terpakai atau ruangan ekstra tersebut.

Baca juga: Tinggal di Kawasan Dekat dengan Laut Bisa Merusak AC Lebih Cepat?

Kebalikannya, saat sore hingga malam hari tiba, bukalah semua pintu dan jendela. Semilir angin yang sejuk bisa membantu mengisi rumah dengan kesegaran.

Biarkan semua aliran angin dingin masuk ke rumah, sehingga saat esok hari, rumah akan tetap terasa dingin.

2. Tidur di lantai

Seperti yang kamu ketahui, udara di tanah tidak terlalu panas dibandingkan di langit-langit. Karenanya, kamu bisa memanfaatkan dan mengatur tempat tidur di lantai untuk mengatasi dan mengurangi rasapanasnya. Untuk rumah multi lantai, disarankan untuk tidur di area basement.

Tidur di lantai adalah cara yang efisien untuk merasa lebih segar saat melalui musim panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Roohome
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X