Kompas.com - 19/04/2021, 17:45 WIB
Ilustrasi setrika uap. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi setrika uap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain setrika biasa, terdapat setrika uap yang bisa menjadi pilihan setiap rumah tangga untuk urusan menyetrika pakaian yang kusut dan lecek sehabis dicuci.

Setrika uap merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan uap panas bertekanan tinggi yang memudahkan dalam merapikan pakaian.

Sumber uap yang dihasilkan dari setrika uap bisa dihasilkan dari tenaga listrik maupun bahan bakar tabung gas LPG, tergantung jenis setrika uap yang kamu pilih.

Baca juga: Menambahkan Aromaterapi Pada Semprotan Setrika Bisa Tingkatkan Mood

Ciri khas dari setrika ini adalah mempunyai pori-pori atau lubang pada alas atau pelat setrika, yang berguna untuk mengeluarkan uap air dari boiler atau tangki yang diisi air sesuai kapasitas.

Saat benar-benar panas, air dari tangki air menetes ke pelat untuk menghasilkan uap. Uap ini kemudian diproyeksikan ke luar yang melembutkan serat kain untuk memberikan hasil akhir yang sempurna.

Karena merupakan pengembangan dari setrika biasa, berikut ini kelebihan dari setrika uap ketika menjadi pilihan untuk menyetrika pakaian, dilansir dari beberapa sumber, Senin (19/4/2021).

1. Tampilan yang profesional

Setrika uap adalah cara terbaik untuk memberikan tampilan dan nuansa setrika profesional dari kenyamanan rumahmu. Uap dari setrika membasahi serat pakaian dan membuatnya lebih mudah untuk ditekan.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Setrika Uap Lebih Baik Daripada Setrika Biasa

Tidak hanya itu, uap juga membantu menjaga serat tetap di tempatnya untuk durasi yang lebih lama. Ini memastikan pakaianmu terlihat licin dan rapi sepanjang hari.

2. Hemat waktu

Setrika uap adalah alternatif yang sangat baik untuk orang yang tidak punya banyak waktu luang untuk menyetrika pakaian.

Uap dari setrika membantu menghaluskan bahkan kerutan yang paling keras dan membandel dalam waktu sesingkat mungkin. Ini memungkinkanmu untuk tidak membuang waktu percuma terlalu lama dalam menyetrika pakaian.

3. Kompatibilitas kain

Setiap kain memiliki persyaratan yang berbeda. Setrika uap adalah alat yang sangat berguna jika kamu memiliki banyak jenis kain untuk ditekan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X