Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2021, 15:53 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber dogster

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai pemilik anjing, kita tentu sering bertanya-tanya, sayuran apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh anjing?

Karena pada dasarnya anjing adalah hewan pemakan segalanya tanpa ia tahu bahwa apa yang dikonsumsinya bisa berefek buruk pada kesehatannya.

Berikut adalah daftar sayuran yang boleh dimakan oleh anjing dan porsi yang aman untuk mereka, seperti dilansir dari Dogster, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Cara Menenangkan Anjing yang Berperilaku Agresif

1. Tomat

Tomat boleh dimakan anjing asal tidak terlalu banyak. Jika tertelan dalam volume yang cukup besar, bahan kimia alami dalam buah dapat menyebabkan masalah jantung dan sistem saraf.

Tetapi dalam jumlah kecil, buah tomat tak masalah jika dimakan oleh anjing. Anjing juga sebaiknya tidak mengonsumsi tomat yang terlalu matang.

Bagian hijau tanaman tomat, sulur, daun, batang, dan buah mentah, adalah masalah lain. Solanine adalah bahan kimia yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di bagian ini.

Salah satu pertahanan alami tomat, solanin ditemukan di seluruh keluarga nightshade, termasuk tomat dan kentang. Jika kamu memiliki tanaman tomat di kebun, lebih baik kamu menjauhkannya dari anjing.

Baca juga: Punya Indera Penciuman Kuat, 8 Bau Ini Paling Dibenci oleh Anjing

2. Wortel

Wortel disebut aman untuk anjing, namun sebaiknya dipotong menjadi tongkat kecil atau potongan yang mudah dikunyah.

3. Seledri

Yang cukup menarik, terlalu banyak seledri dapat menyebabkan anjing lebih banyak buang air kecil daripada biasanya. Seledri tidak masalah jika dikonsumsi oleh anjing tapi dalam jumlah terbatas.

4. Mentimun

Sayuran umum lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah mentimun. Apalagi jika dikupas dan diberikan dalam porsi yang bisa dikunyah, mentimun baik untuk anjing.

Sedangkan untuk acar, kelebihan cuka dan garam dalam acar mungkin sedikit melebihi sistem pencernaan anjing. Jika ingin memberikan sayuran ini, berikanlah mentimun segar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com