Kompas.com - 20/04/2021, 15:53 WIB
Ilustrasi anjing sedang makan. PIXABAY/MAT COULTONIlustrasi anjing sedang makan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai pemilik anjing, kita tentu sering bertanya-tanya, sayuran apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh anjing?

Karena pada dasarnya anjing adalah hewan pemakan segalanya tanpa ia tahu bahwa apa yang dikonsumsinya bisa berefek buruk pada kesehatannya.

Berikut adalah daftar sayuran yang boleh dimakan oleh anjing dan porsi yang aman untuk mereka, seperti dilansir dari Dogster, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Cara Menenangkan Anjing yang Berperilaku Agresif

1. Tomat

Tomat boleh dimakan anjing asal tidak terlalu banyak. Jika tertelan dalam volume yang cukup besar, bahan kimia alami dalam buah dapat menyebabkan masalah jantung dan sistem saraf.

Tetapi dalam jumlah kecil, buah tomat tak masalah jika dimakan oleh anjing. Anjing juga sebaiknya tidak mengonsumsi tomat yang terlalu matang.

Bagian hijau tanaman tomat, sulur, daun, batang, dan buah mentah, adalah masalah lain. Solanine adalah bahan kimia yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di bagian ini.

Salah satu pertahanan alami tomat, solanin ditemukan di seluruh keluarga nightshade, termasuk tomat dan kentang. Jika kamu memiliki tanaman tomat di kebun, lebih baik kamu menjauhkannya dari anjing.

Baca juga: Punya Indera Penciuman Kuat, 8 Bau Ini Paling Dibenci oleh Anjing

2. Wortel

Wortel disebut aman untuk anjing, namun sebaiknya dipotong menjadi tongkat kecil atau potongan yang mudah dikunyah.

3. Seledri

Yang cukup menarik, terlalu banyak seledri dapat menyebabkan anjing lebih banyak buang air kecil daripada biasanya. Seledri tidak masalah jika dikonsumsi oleh anjing tapi dalam jumlah terbatas.

4. Mentimun

Sayuran umum lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah mentimun. Apalagi jika dikupas dan diberikan dalam porsi yang bisa dikunyah, mentimun baik untuk anjing.

Sedangkan untuk acar, kelebihan cuka dan garam dalam acar mungkin sedikit melebihi sistem pencernaan anjing. Jika ingin memberikan sayuran ini, berikanlah mentimun segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber dogster
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X