Kompas.com - 20/04/2021, 14:23 WIB
Ilustrasi bunga kaktus berwarna merah. PIXABAY/TEEFARMIlustrasi bunga kaktus berwarna merah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaktus merupakan nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae yang biasa ditemukan di daerah-daerah kering.

Memiliki ciri khas tampilan hijau berduri, kaktus dapat tumbuh dan bertahan hidup pada waktu yang lama tanpa air.

Pada saaat ini, banyak penghuni rumah menjadikan kaktus sebagai tanaman hias yang berguna untuk mempercantik dekorasi ruangan yang diletakkan di dalam pot yang lucu.

Baca juga: Tips Memulai Taman Kaktus dan Cara Mudah Merawatnya

Meski kerap dijadikan sebagai tanaman hias, perlu kamu ketahui bahwa kaktus memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan manusia.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (20/4/2021), berikut ini adalah beragam manfaat yang diberikan kaktus dalam kehidupan manusia.

1. Sebagai sumber makanan

Mengutip channel Youtube Agronews TV Indonesia, disebutkan bahwa suku Indian dan suku-suku di Meksiko kerap menjadikan kaktus sebagai sumber makanan.

Mereka menyertakan kaktus dalam bahan pembuat sup dan salad. Jenis kaktus yang bisa dimakan di antaranya adalah jenis nopales.

Baca juga: Mengapa Kaktus Berubah Warna Jadi Kecokelatan? Ternyata Ini Sebabnya

Menjadikan kaktus nopales sebagai sumber makanan bukan tanpa alasan, karena kaktus jenis ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh manusia seperti serat, nutrisi, vitamin A, C, K, kalsium dan masih banyak lagi.

2. Sebagai sumber pengobatan

Bagi suku-suku pedalaman, kaktus dijadikan sebagai bahan pengobatan sejak ribuan tahun silam. Mereka menggunakan kaktus untuk dijadikan obat gatal-gatal dan pembengkakan akibat gigitan serangga.

Kaktus mengandung banyak serat yang bagus untuk sistem pencernaan tubuh. Daging buah kaktus juga bisa menurunkan kadar gula darah jika dikonsumsi sebanyak 150 gram rebusan kaktus perhari.

3. Sebagai perawatan kulit

kaktus dapat melindungi kulit dari iritasi dan peningkat imunitas yang tidak mempunyai efek samping.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X