Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Menjaga Rumah Tetap Dingin Meski Tanpa AC

Kompas.com - 31/03/2021, 10:41 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Musim panas yang kering sebentar lagi datang. Suasana panas membuat kita ingin menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). 

Namun penggunaan AC tentu akan membuat tagihan listrik membengkak.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat rumah tetap dingin walau tanpa menggunakan AC. Berikut adalah beberapa tips yang dilansir dari Family Handyman, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Bisakah Menanam Tanaman di Sekitar Unit AC Outdoor?

1. Modifikasi kipas angin

Dengan semangkuk es dan kipas angin, kamu dapat menciptakan hembusan angin laut tiruan. Cukup isi mangkuk dengan es atau kantong es, dan letakkan mangkuk di depan kipas angin.

Nyalakan kipas angin, dan udaranya akan menyerupai angin dingin yang berkabut.

2. Tirai pendingin

Terkadang membuka semua jendela tidaklah cukup. Untuk mengatasinya, coba semprotkan dalam hal ini, semprotkan lembaran dengan air dingin dan tutup bukaan jendela. Angin sepoi-sepoi akan mengenai seprai dan melewati kain lembap yang dingin, yang dapat membantu menurunkan suhu di rumah.

3. Cobalah kaca film berinsulasi

Kaca film menawarkan banyak manfaat. Kaca film akan mengurangi biaya energi, memberi privasi sambil tetap menikmati pemandangan dan cahaya alam bebas.

Baca juga: Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman untuk Tidur Sekaligus Hemat Listrik

Kaca film dapat memberikan pengurangan panas inframerah hingga 98 persen dibandingkan dengan jendela yang tidak terlindungi, dan mengurangi ketidakseimbangan suhu di rumah.

4. Dinginkan bantal

Setelah mengganti seprai dengan seprai berbahan ringan, dan ada cara lain untuk menenangkan diri pada waktu tidur. Kamu bisa memberi membungkus bantal dan memasukkannya ke dalam kulkas, lalu keluarkan saat kamu akan tidur.

Atau, kamu bisa membeli bantal berisi gel khusus yang bisa didinginkan.

5. Pasang kanopi

Memasang kanopi di atas jendela akan berfungsi untuk melindungi rumah dari sinar matahari. Ini akan mengurangi jumlah panas yang akan diserap oleh rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com