Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara untuk Menjadi Tetangga yang Baik di Lingkungan Tempat Tinggal

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya kamu menjalani hubungan yang baik dan dekat dengan seluruh tetangga yang ada di sekitar rumahmu dan lingkungan tempat kamu tinggal.

Oleh karena itu, kamu perlu menjadi tetangga yang baik agar dapat membangun persaudaraan dan kedekatan, sehingga kehadiranmu bisa 'dianggap' oleh lingkungan sekitar.

Ingat, selain keluarga, orang terdekat denganmu adalah tetangga, sehingga apabila suatu saat kamu membutuhkan pertolongan, tetangga terdekatmu lah yang akan menolong.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (20/4/2021), berikut ini 10 cara agar kamu bisa menjadi tetangga yang baik di tempat kamu tinggal.

1. Jangan buat kebisingan

Tidak ada yang mengharapkanmu untuk diam menerus, tetapi kamu juga harus menghormati aturan dasar tertentu saat membuat terlalu banyak suara.

Jangan pernah membuat kebisingan yang mengganggu tetangga sekitar rumah, yang pada akhirnya memberikan pandangan negatif terhadapmu.

Berikut ini beberapa aturan menjaga kebisingan dasar:

- Jika kamu tinggal di gedung apartemen, jangan berteriak kepada seseorang di ujung lorong. Orang lain mungkin sedang tidur atau istirahat.

- Tidak ada alasan untuk menancapkan paku di dinding umum yang kamu bagi dengan apartemen atau rumah sebelah lewat dari jam 8 malam. Kamu harus bisa menunggu sampai hari berikutnya.

- Jangan membunyikan klakson kendaraanmu setiap kali kamu hendak masuk ke dalam rumah.

Pada intinya, sebisa mungkin hindari kebisingan yang mungkin menurutmu biasa saja tapi tidak bagi tetanggamu, terlebih hal itu dilakukan pada malam hari di waktu orang-orang beristirahat.


2. Tidak berbuat buruk

Ikuti "aturan emas" untuk menjadi tetangga yang baik, karena tetanggamu adalah orang-orang yang mungkin kamu temui setiap hari, atau setidaknya cukup sering.

Kamu tidak ingin harus menundukkan kepala karena malu setelah kamu tahu kamu telah berbuat salah. Ini bisa termasuk:

- Amati dan hormati ruang pribadi tetanggamu.

- Berhati-hatilah jika kamu meminjam sesuatu Kembalikan barang segera setelah digunakan. Jika kamu merusak barang tersebut, bayar untuk memperbaikinya atau menggantinya.

- Jangan menjadi tukang gosip di lingkunganmu.

- Jika kamu memiliki masalah dengan tetangga, pergilah langsung ke orang itu dan diskusikan secara dewasa. Jangan panggil polisi kecuali kamu diancam.

- Tidak semua orang pecinta anjing atau kucing, jadi tunjukkan tanggung jawab untuk hewan peliharaanmu. Jauhkan mereka dari halaman tetangga dan ambil setelah mereka.

- Ingat tetanggamu selama hari besar dengan memberikan hadiah kecil atau makanan buatan sendiri dan jangan mengharapkan imbalan apa pun. Nikmati tindakan memberi.

- Jika kamu dan tetangga memiliki kesalahpahaman, lakukan upaya ekstra untuk memperbaikinya dengan berjabat tangan dan setidaknya bersahabat.

3. Pastikan tidak mengganggu rumah tetangga

Tetangga yang baik adalah orang yang merawat bagian luar rumah dan halaman rumput ke tingkat yang sama dengan lingkungan lainnya.

Pastikan pohon, semak, dan elemen lainnya tidak merambat ke halaman tetanggamu. Ini termasuk dahan pohon, semak yang menyebar, dan gulma.

Hindari meletakkan kendaraan milikmu secara sembarangan di dekat rumah tetanggamu, karena ini kerap menjadi hal yang membuat kesal.

4. Tahu diri saat mengadakan acara

Kamu mungkin suka mengadakan acara di rumahmu, dan itu baik-baik saja selama kamu tidak mengganggu atau menyusahkan tetanggamu.


Hormatilah tetanggamu saat mengadakan sebuah acara atau pesta. Ikuti pedoman tetangga yang baik berikut ini

- Minta tamumu untuk parkir di jalan masuk atau di depan rumahmu. Pastikan tamumu tidak memblokir jalan atau menggunakan jalan di depan rumah orang lain di area dekat rumahmu tanpa izin.

- Patuhi hukum tata cara kebisingan. Jika tetangga menelepon atau datang dan memintamu untuk berbicara, bersikaplah ramah dan minta maaf. Lalu diam.

- Undang tetangga ke pesta atau acara besarmu. Melakukan hal itu menunjukkan keramahanmu, dan mereka akan memiliki perasaan yang jauh lebih baik tentangmu daripada jika mereka tidak diundang dan harus mendengarkan suara tamumu yang sedang bersenang-senang.

5. Kumpulkan beberapa tetangga untuk makan-makan sesekali

Undangan ke rumahmu adalah cara untuk membuat langkah besar ke depan dalam hubungan dengan tetangga di sekitar rumahmu.

Tak harus mewah, kamu bisa melakukan makan-makan bersama secara sederhana dengan sesuatu yang enak untuk dimakan.

6. Ingat orang dan nama mereka

Jangan sampai kamu tidak mengingat seseorang apalagi nama tetanggamu sendiri karena ini bisa saja membuatnya merasa tersinggung.

Dengarkan saat orang berbicara, dan ingatlah mereka. Itu mengomunikasikan bahwa kamu melihat dan menghargainya.

7. Bersikaplah dermawan

Jika ada kegiatan sosial atau pun acara donasi sumbangan, ikutlah untuk terjun membantu memberi dukungan dana. Hal ini sebagai investasi di lingkungan sekitar, dan itu sangat membantu pada tahap awal untuk membangun momentum.

8. Bersiaplah dan katakan ya saat bisa

Cobalah lebih sering berada di luar rumah. Berjalan-jalan, habiskan waktu di halaman depan rumahmu, dan melambai serta menyapa orang-orang.

Jika kamu tinggal di apartemen, habiskan waktu di area umum. Semua hal ini mengatakan, "Saya tersedia, saya di sini." Dan ketika tetanggamu meminta bantuan (butuh waktu dan kepercayaan untuk sampai ke sini), katakan ya jika kamu bisa.

9. Aktif di lingkungan dan dalam kegiatan apapun

Jika lingkungan di rumahmu sering mengadakan beragam acara, maka kamu harus aktif untuk ikut dan berpartisipasi. Usahakan untuk menjadi yang terdepan dalam membantu sebisamu.

10. Perkenalkan dirimu dengan tetangga baru

Tetangga dapat membuat keluarga baru merasa diterima dengan mampir untuk perkenalan yang ramah.


Ini memperkaya kehidupan tetangga baru serta mereka yang sudah lama tinggal di sana.

Ketika orang berusaha menjadi tetangga yang baik dengan mengikuti aturan yang tepat, semua orang akan merasa sejahtera, mengetahui bahwa kamu dikelilingi oleh banyak oramg terdekat.

Selain itu, lingkungan akan lebih menarik, dan kamu akan lebih puas untuk tinggal di lingkungan rumahmu. Manfaat tambahannya adalah mengetahui bahwa kamu dan tetanggamu akan saling menjaga dan siap membantu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/20/190000976/cara-untuk-menjadi-tetangga-yang-baik-di-lingkungan-tempat-tinggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke