Kompas.com - 21/04/2021, 07:24 WIB
Ilustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Anda membawa pulang anak kucing baru atau memelihara anak kucing, salah satu hal pertama yang perlu Anda ajarkan adalah cara menggunakan kotak pasir kucing.

Pelatihan kotak pasir yang benar sejak dini akan membantu anak kucing Anda mengembangkan kebiasaan yang sehat untuk hidupnya, yakni buang air di kotak pasir dan tidak sembarangan.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (21/4/2021), anak kucing baru mungkin sudah atau belum mengetahui cara menggunakan kotak pasirnya. Itu semua tergantung bagaimana dia dibesarkan oleh induknya.

Baca juga: Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Anak kucing mempelajari sebagian besar perilaku mereka dari induknya selama enam minggu pertama kehidupan mereka.

Jika induknya menggunakan kotak pasir, kemungkinan besar anak kucing akan mempelajarinya sebelum diadopsi ke rumah baru. Namun, jika anak kucing dibesarkan di luar ruangan atau dipisahkan dari induknya terlalu dini, ia mungkin tidak memiliki pengetahuan tentang kotak pasir atau bahkan kebiasaan membuang kotoran yang benar.

Berikut cara mengajari kucing buang air di kotak pasir.

1. Memilih kotak pasir kucing

Anak kucing membutuhkan kotak pasir yang mudah dijangkau, jadi pilihlah wadah dengan sisi rendah yang dapat dengan mudah dimasuki. Ini harus cukup besar bagi anak kucing untuk berbalik dan buang air di lebih dari satu tempat juga.

Kotak pasir plastik kecil dasar bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Bolehkah Anak Kucing Minum Susu Sapi?

Kotak pasir yang tertutup mungkin cocok untuk anak kucing atau mungkin juga tidak. Pada awalnya, sebaiknya gunakan kotak terbuka agar Anda dapat mengamati anak kucing di dalamnya.

Setelah anak kucing Anda belajar menggunakan kotak tersebut, Anda mungkin ingin mencoba menutup satu kotak dan membiarkan kotak lainnya terbuka sehingga Anda dapat mengetahui apakah kucing Anda lebih suka.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X