Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2021, 10:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak kucing, seperti kucing dewasa, juga penting diperhatikan kesehatan dan nutrisinya. Pemberian makan yang tepat adalah bagian besar dari persamaan kesehatan.

Setelah empat minggu pertama ASI, anak kucing secara bertahap beralih ke makanan anak kucing, dan disapih sepenuhnya sekitar delapan minggu.

Nah, bagaimana sebaiknya memilih makanan yang tepat untuk anak kucing? Dilansir dari WebMD, Rabu (20/1/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Mengapa Harus Memilih Makanan Kucing Berkualitas? Ini Alasannya

Mindy Bough, CVT, direktur senior layanan klien di American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) menekankan pentingnya makanan anak kucing berkualitas tinggi.

"Saya tidak merekomendasikan merek generik atau toko. Penelitian telah menentukan makanan anak kucing ini memberikan kesehatan yang sangat baik," ujar Bough.

Namun, bagaimana kita bisa yakin bahwa makanan anak kucing berkualitas tinggi? Salah satunya adalah dengan mengecek label.

Makanan kucing setidaknya harus memenuhi nutrisi lengkap dan seimbang untuk anak kucing berdasarkan uji coba klinis atau ilmiah. Gizi lengkap dan seimbang berarti anak kucing Anda tidak memerlukan suplemen mineral atau vitamin.

Baca juga: Jangan Percaya 8 Mitos tentang Kucing Ini

Faktanya, ingatlah bahwa terlalu banyak “hal baik” bisa berdampak buruk bagi anak kucing Anda, menyebabkan masalah medis yang parah. Gunakan suplemen hanya jika dokter hewan Anda merekomendasikannya.

Hati-hati juga dengan makanan kucing buatan sendiri. Misalnya, makanan rumahan yang semuanya terdiri dari daging bisa jadi rendah kalsium, yang menyebabkan ketidakseimbangan mineral yang menyebabkan hiperparatiroidisme, penyakit yang lebih umum terjadi pada anak kucing yang tumbuh dengan cepat.

“Jika Anda menggunakan makanan buatan sendiri, pastikan itu diformulasikan oleh ahli gizi terkemuka,” terang Bough.

Jenis makanan apa yang dibutuhkan anak kucing, basah atau kering?

Anak kucing yang masih sangat kecil harus memiliki setidaknya beberapa makanan kaleng untuk dimakan sebagai bagian dari makanannya. Anak kucing yang sangat kecil memiliki gigi yang sangat kecil dan tidak dapat mengunyah makanan kering dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com