Kompas.com - 20/04/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi anak kucing. PIXABAY/AUENLEBENIlustrasi anak kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah kamu baru saja mendapatkan atau menemukan anak kucing yang baru lahir? Jika iya, maka kamu mungkin merasa tersentuh dengan tingkah lucu mereka yang masih imut menggemaskan.

Ketika kamu mendapatkan anak kucing yang baru lahir, entah itu anak kucing dari kucing peliharaanmu atau kamu temukan di jalan, mereka membutuhkan perawatan dan perhatian khusus hingga usia sekitar 4 bulan.

Mengetahui cara merawat anak kucing yang baru lahir memastikanmu memelihara anak kucing yang sehat, bekerja selaras dengan induk kucing.

Baca juga: Bolehkah Anak Kucing Minum Susu Sapi?

Akan tetapi, dalam beberapa kasus, kamu mungkin menghadapi keadaan darurat melahirkan anak kucing yang baru lahir tanpa induk yang menyediakan kebutuhan dasar anak kucing.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (20/4/2021), ada tips dan pedoman tentang apa yang harus kamu lakukan ketika memiliki anak kucing yang hendak kamu pelihara dan rawat.

Memberi makan dan nutrisi

Memberi makan tentu saja menjadi perhatian paling mendesak ketika berbicara tentang anak kucing yang baru lahir dan cara merawatnya.

Induk kucing akan menjadi sumber makanan utama mereka selama minggu-minggu pertama kehidupan anak kucing yang baru lahir.

Baca juga: Mengapa Anak Kucing Suka Menggigit dan Mencakar?

Sangat penting bagimu untuk memastikan memberikan makanan bergizi kepada induk kucing agar dia sehat dan cukup kuat untuk merawat anak kucingnya.

Jika kamu membantu induk kucing jalanan dan anaknya, berikan makanan dan air kepada induk kucing dari jarak yang aman, sekali atau dua kali sehari.

Namun, apabila kamu merawat anak kucing yang ditinggalkan atau yatim piatu, kamu harus membuat persiapan khusus untuk diberi makan.

Susu sapi tidak disarankan untuk memberi makan anak kucing karena dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan.

Ada formula pengganti susu komersial yang tersedia di toko hewan peliharaan dan kamu dapat memberikannya kepada anak kucing. Mulai usia 3-4 minggu, anak kucing secara bertahap akan disapih dari susu induknya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X