Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2021, 10:11 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan anak kucing baru untuk dipelihara dapat sangat membahagiakan hidupmu, karena kucing yang masih kecil adalah sumber cinta dan tawa yang tak kunjung padam.

Entah anak kucing baru adalah hewan peliharaan pertamamu atau tambahan dari keluarga kucing peliharaannmu saat ini, itu selalu mengasyikkan dan menyenangkan.

Selain kelucuan, merawat anak kucing adalah tanggung jawab yang sangat besar. Layaknya bayi manusia, anak kucing juga membutuhkan perhatian khusus.

Baca juga: 7 Hal yang Dilakukan Manusia Tapi Dibenci Kucing

Mengetahui cara merawat anak kucing sangat penting, karena ikatan, pelatihan, dan memberikan perawatan yang tepat akan membantu memastikan anggota keluarga berbulu terbarumu tumbuh menjadi kucing yang bahagia.

Jika kamu tidak yakin bagaimana cara merawat anak kucing, panduan perawatan anak kucing yang komprehensif ini akan membuatmu membesarkan anak kucing terasa mudah, dilansir beberapa sumber, Sabtu (13/2/2021).

1. Sediakan ruang yang ramah

Baik kamu mengadopsi anak kucing dari tempat penampungan atau mengambilnya dari tetanggamu di seberang jalan, hari pertama anak kucing di rumah barunya akan menjadi hari besar bagi mereka, dan juga untukmu.

Ini adalah momen ketika semua hal yang kamu pelajari tentang cara merawat anak kucing terbayar. Anak kucingmu mungkin akan penasaran, bingung, sekaligus bersemangat.

Baca juga: 7 Tanda Kucing Bahagia Hidup Bersamamu

Meskipun kamu tergoda untuk membiarkan mereka berkeliaran, mereka akan menyesuaikan lebih baik jika kamu membatasi akses pada awalnya.

Memiliki area aman yang lebih kecil untuk dijelajahi pada awalnya akan membantu anak kucing merasa nyaman dengan tempat baru tersebut.

2. Siapkan perbekalan yang diperlukan

Seperti biasa, memiliki alat yang tepat selalu membuat proses merawat anak kucing yang baru akan jadi lebih mudah. Berikut ini semua perlengkapan penting untuk anak kucing yang harus kamu siapkan:

  •  Kotak pasir kotoran
  • Tempat tidur yang nyaman
  • Hidangan makanan dan air
  • Sebuah tiang garukan
  • Mainan yang aman
  • Perlengkapan perawatan (sampo, sikat atau sisir)
  • Tali tanda pengenal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com