Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2021, 15:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus menjadi hama yang sering ditemui di dalam rumah, terutama di dapur. Keberadaan tikus sangat merugikan, selain sering mengambil makanan, mengotori ruangan, mereka juga merusak barang.

Untuk itu, ketika Anda melihat adanya keberadaan tikus di dalam rumah, dianjurkan untuk segera mengusirnya.

Dilansir dari Insider, Selasa (20/4/2021), dua hal yang mungkin ingin Anda hindari untuk mengusir tikus ini adalah racun dan perangkap lem. Racun bisa berbahaya bagi orang lain dan manusia terutama anak-anak.

Baca juga: Ada Tikus di Dapur? Ini 4 Cara Mudah Membasminya

Perangkap tikus lem atau lem tikus terkadang tidak terlalu ampuh untuk perangkap tikus. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui magnet bagi tikus, sehingga mereka tertarik untuk masuk ke dalam rumah.

Dengan cara ini, Anda dapat meminimalisir keberadaan tikus ke dalam rumah. Berikut beberapa fakta menarik tentang tikus mengapa mereka tertarik masuk ke dalam rumah. 

1. Sarang

Selain makanan, alasan tikus masuk ke dalam rumah adalah membuat sarang. Beberapa bahan sarang yang menarik bagi tikus adalah kapas, koran bekas, kardus, dan tempat-tempat kotor lainnya.

Dengan fakta ini, Anda dapat meletakkan perangkap di tempat-tempat yang disukai tikus seperti ini. Atau setidaknya meminimalisir mereka datang dengan merapikan tempat kotor tersebut.

Baca juga: Simak, 9 Pertanyaan Umum Tentang Hama Tikus di Rumah

2. Daging

Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois, AS, menyarankan untuk mengikatkan sepotong kecil daging asap ke perangkap Anda dengan aman untuk memikat tikus. Sebab selain makanan lainnya, tikus juga menyukai daging.

3. Lubang

Satu hal lagi penyebab tikus masuk ke dalam rumah adalah keadaan rumah yang memiliki lubang. Tikus memiliki tubuh yang fleksibel dan dapat masuk ke dalam lubang manapun meskipun sangat kecil.

Lubang tersebut termasuk celah di sekitar pipa atau saluran kabel listrik.

Gunakan dempul, sabut baja, atau apa pun yang Anda bisa untuk menutup lubang dan retakan itu. Pastikan saja itu bukan sesuatu yang bisa dikunyah atau digunakan tikus sebagai bahan sarang yang lembut dan nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com