Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2021, 11:55 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tikus adalah hama yang menyebalkan dan pembawa penyakit. Selain itu masalah lain yang juga bisa timbul karena kehadirannya adalah kematian mendadak tikus di tempat tersembunyi, sehingga aroma bangakainya bisa menyebar.

Terlebih jika tidak ditangani, aroma tidak sedap itu akan mengganggu kenyamanan hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Ciri bau bangkai tikus

Dilansir dari Terminix, Sabtu (20/2/2021), bau busuk dari bangkai tikus terjadi karena campuran bahan kimia jahat yang diproduksi saat tubuh membusuk, termasuk sulfur dioksida dan metana. Cara terbaik untuk menggambarkannya adalah bau busuk kematian. 

Baca juga: Tikus Masuk ke Dalam Rumah, Apa yang Harus Dilakukan?

Semakin besar hewan tersebut, semakin banyak jaringan untuk dipecah, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk membusuk.

Tikus yang lebih besar seperti tikus got daripada tikus biasanya akan membuat bau bangkainya lebih kuar daripada bau bangkai tikus celurut.

Apalagi bangkai biasanya baru bisa ditemukan setelah tikus sudah mengeluarkan bau. Hal ini terjadi karena tikus merupakan hewan yang pintar bersembunyi.

Terlepas dari apakah itu tikus got, tikus celurut, atau tupai, tidak ada rumus untuk menghitung berapa lama bau bangkai hewan akan bertahan. Mungkin perlu waktu berhari-hari atau berminggu-minggu sampai bangkai mengering dan baunya hilang secara alami dan sepenuhnya.

Baca juga: Cara Membasmi Tikus Tanpa Racun

Kelembapan dapat memengaruhi prosesnya dan membuat bau tak sedap semakin kuat. Jadi, jika tikus mati di dekat pipa uap atau area lembab lainnya di rumah atau mobil, tikus tersebut mungkin sudah "matang" untuk waktu yang lama.

Cara menghilangkan bau tikus yang mati

1. Temukan sumbernya

Segera setelah kamu menyadari apa yang dianggap sebagai bau tikus mati, mulailah mencari keberadaan lalat, belatung, kumbang, dan serangga lain yang tertarik pada hewan mati.

Jika lalat tampak melayang atau mendarat di dekat area tertentu di dinding atau lantai, cobalah "uji mengendus". Apakah baunya tampak lebih kuat di tempat itu? Terkadang cairan tubuh tikus sudah merembes keluar dari bangkai, jadi perhatikan juga noda pada lembaran batu atau ubin langit-langit.

2. Singkirkan masalahnya

Memindahkan hewan yang mati dan memberi ventilasi pada area tersebut adalah cara tercepat untuk mendapatkan bantuan. Sayangnya, tikus biasanya tidak berpikir untuk mati di depan mata atau di tempat yang mudah dijangkau.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com