Kompas.com - 19/04/2021, 09:35 WIB
Ilustrasi tikus, serangan tikus merajalela di Queensland dan New South Wales, Australia. Ribuan tikus bermunculan diduga karena panen gandum. SHUTTERSHOCK/Carlos AranguizIlustrasi tikus, serangan tikus merajalela di Queensland dan New South Wales, Australia. Ribuan tikus bermunculan diduga karena panen gandum.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah hama yang sangat mengganggu kehadirannya di rumah. Selain merusak berbagai benda, tikus juga bisa menyebarkan penyakit.

Oleh sebab itu, lakukan upaya pembasmian saat Anda tahu ada tikus di dalam rumah. Ini termasuk apabila ada tikus di dapur Anda.

Nah, bagaimana cara membasmi tikus yang ada di dapur? Dilansir dari Family Handyman, Senin (19/4/2021), berikut beberapa langkah mudahnya.

Baca juga: Simak, 9 Pertanyaan Umum Tentang Hama Tikus di Rumah

1. Minyak peppermint

Tikus membenci bau minyak peppermint. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke bola kapas dan seka di pinggir papan di dapur dan dapur Anda.

Tambahkan sedikit lebih banyak minyak peppermint ke bola kapas dan tinggalkan di sudut lemari atau rak tempat menyimpan makanan.

2. Kamper

Kebanyakan orang lebih menyukai aroma peppermint daripada kapur barus, jadi Anda sebaiknya jauhkan dari dapur dan ruang keluarga lainnya. Tapi kaus kaki tua berisi kapur barus ditempatkan di dekat ventilasi dapur atau gudang bisa mencegah tikus masuk.

Gantung kaus kaki cukup tinggi agar tidak terjangkau anak-anak.

Baca juga: 6 Cara Membasmi Tikus di Pekarangan Rumah, Tanpa Racun dan Perangkap

3. Pasir kucing

Bau kotoran kucing bisa memberitahu tikus bahwa ada kucing di area tersebut. Namun, Anda tidak perlu memiliki kucing untuk bisa membasmi tikus dengan cara ini.

Isi kaus kaki tua dengan pasir kucing dan tempatkan di area yang biasa atau kemungkinan dilalui tikus.

4. Kentang tumbuk instan

Letakkan wadah kecil yang diisi kentang tumbuk instan atau mashed potato di mana Anda melihat bukti adanya tikus. Setelah tikus memakannya, serpihan kentang akan mengembang di perutnya dan menimbulkan kerusakan sebelum dicerna sepenuhnya.

Jika memang ada tikus di dapur, mungkin ini saatnya untuk menata ulang dapur. Anda sebaiknya memasukkan makanan apa pun ke dalam plastik atau wadah penyimpanan kedap udara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X