Kompas.com - 22/04/2021, 08:53 WIB
Ilustrasi anak memeluk kucing. PIXABAY/WESTFALEIlustrasi anak memeluk kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memelihara kucing tentu sangat menyayangi hewan peliharaan Anda tersebut, bukan? Lalu, bagaimana dengan kucing Anda terhadap Anda, apakah ia menyayangi Anda?

Dilansir dari Martha Stewart, Kamis (22/4/2021), mengetahui apakah kucing menyayangi kita bisa menjadi hal yang cukup rumit. Sebab, kucing kerap dikenal kurang penyayang dibanding hewan peliharaan lainnya, misalnya anjing.

Jadi, pertanyaannya, apakah kucing menyayangi kita sebagai pemiliknya? Sederhananya, menurut para ahli Inverse, jawabannya adalah ya, tetapi mungkin tidak selalu jelas.

Baca juga: 6 Hal yang Membuat Kucing Kesal, Apa Saja?

"Cinta adalah konsep yang sangat kompleks yang tidak mudah diukur, bahkan pada manusia," ujar Kristyn Vitale, seorang peneliti kucing dan asisten profesor di bidang kesehatan dan perilaku hewan di Unity College.

Sementara itu, Katherine Pankratz, seorang dokter hewan bersertifikat di Animal Behavior Clinic menyebut, kucing memang menggunakan beberapa isyarat halus untuk mengekspresikan cinta mereka kepada pemiliknya, seperti menggosok tubuh dan kepalanya ke Anda, tidur di dekat Anda, berjalan di samping Anda sambil melingkarkan ekornya di sekitar Anda, dan merawat Anda.

"Kita dapat menyimpulkan bahwa mereka berbagi perilaku afiliasi, dan (kita) dapat menafsirkannya sebagai kasih sayang atau kemungkinan definisi cinta Anda," jelas Pankratz.

Para ahli juga menjelaskan bahwa kucing dapat dengan mudah menumbuhkan ikatan keterikatan dengan Anda sebagai tanda cinta.

Baca juga: Simak, Cara Melatih Anak Kucing Buang Air di Kotak Pasir

"Ikatan keterikatan adalah hubungan yang menyenangkan dan penuh kasih sayang antara dua individu. Kucing membentuk ikatan keterikatan dengan pemiliknya, yang mengarah ke pola perilaku tertentu yang menghasilkan efek dasar aman," ungkap Vitale.

Efek ini berarti bahwa kucing akan menggunakan Anda sebagai sumber kenyamanan dan perlindungan.

Bagaimana hewan peliharaan pada akhirnya mengungkapkan cinta kepada Anda masih akan benar-benar tergantung pada kepribadian individu mereka.

"Hal-hal yang berbeda telah memengaruhi hidup kita. Tidak satu pun dari kita yang mungkin lebih atau kurang mencintai, kita mungkin mengungkapkannya secara berbeda," ucap Pankratz.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X