Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2021, 08:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kemampuan cepat kering, sehingga lebih menghemat waktu, menjadikan cat akrilik diminati. Namun, sifatnya yang cepat kering pun menjadi masalah ketika tumpah di keramik dan harus segera diatasi.

Dilansir dari Hunker, Selasa (26/1/2021), cat akrilik berbahan dasar air jadi noda masih bisa dihilangkan ketika cat mengering. Namun, pembersihan yang agresif dapat merusak keramik.

Lantas, bagaimana cara membersihkannya?

Baca juga: Pintu Menggores Lantai? Begini Cara Memperbaikinya

Ketika tertumpah di keramik segera cuci dengan air dan sabun biasa ketika cat masih dalam keadaan basah. Bahkan jika sudah kering, cat harus dibersihkan dengan campuran sabun dan air.

Gunakan kain lembut untuk mengoleskan air sabun ke keramik, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Menggosok

Cat akrilik dapat dikupas atau digores dari permukaan yang keras dan licin, termasuk beberapa keramik. Namun, goresan yang keras dapat merusak keramiknya, jadi berhati-hatilah dan jangan terlalu agresif.

Gunakan sikat berbulu lembut untuk menggosok dengan lembut pada cat akrilik kering. Dalam banyak kasus, cat akan mengelupas saat Anda memberi sedikit tekanan dengan sikat.

Baca juga: Kenapa Lantai Lengket Setelah Dipel? Ini yang Harus Dilakukan

Hairspray

Cara lainnya, bisa menyemprotkan dengan sedikit hairspray pada keramik yang terkena cat akrilik, kemudian gosok area yang kena noda dengan lembut dengan kain bersih. Hairspray yang lengket dapat membantu menarik cat akrilik dari permukaan keramik tanpa menimbulkan kerusakan.

Setelahnya, bilas keramik beberapa kali dengan air hangat untuk menghilangkan sisa hairspray yang lengket.

Penghilang cat alami

Campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama untuk membuat penghilang cat. Didihkan larutan cuka, lalu angkat dari api.Oleskan larutan ke kain bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com