Kompas.com - 25/01/2021, 17:42 WIB
ilustrasi rumah yang terkena banjir SHUTTERSTOCKilustrasi rumah yang terkena banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hujan turun sepanjang hari dalam beberapa hari, daerah dengan ketinggiannya lebih rendah bisa tergenang air. Jika sudah seperti ini, terkadang pemilik rumah tidak sempat untuk mengamankan berbagai benda di dalam rumah, termasuk furnitur.

Furnitur yang terendam dalam jangka waktu pendek hingga panjang akan mengalami efek buruk, mulai dari memiliki bekas air, hingga kerusakaan parah.

Dilansir dari The Spruce, Senin (25/1/2021), dalam beberapa kasus, Anda dapat menyelamatkan furnitur yang terendam banjir dengan cara sebagai berikut.

Baca juga: 12 Hal yang Jangan Pernah Dilakukan di Rumah Saat Banjir Melanda

Pisahkan furnitur yang bisa dan tidak bisa diselamatkan

Jika aman untuk melakukannya, periksa furnitur Anda dan pisahkan apa yang dapat diselamatkan dari apa yang tidak dapat disimpan. Survei dan evaluasi kerusakan secepat mungkin, karena waktu sangat penting.

Ketahuilah bahwa kerusakan air mungkin tidak bisa menyelamatkan furnitur yang telah terendam air. Kelembaban udara yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur. Foto semuanya, karena Anda perlu mengajukan laporan untuk asuransi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menentukan apakah sebuah perabot layak untuk disimpan, Anda harus mengevaluasi tingkat kerusakannya.

Memperhitungkan biaya item dalam kaitannya dengan biaya pemulihan. Juga, pertimbangkan nilai sentimentalnya.

Anda mungkin ingin menjaga dan memperbaiki furnitur dengan nilai sejarahnya meskipun ada kerusakan.

Baca juga: Hal yang Perlu Dilakukan Bila Rumah Kebanjiran

Kemudian, sisihkan furnitur yang tidak dapat diperbaiki untuk mengevaluasi klaim asuransi. Furnitur berlapis kain yang telah terendam dalam air terlalu lama mungkin sulit atau tidak mungkin untuk diselamatkan, karena air dapat mendorong pertumbuhan bakteri, jamur, dan lumut, yang semuanya menimbulkan bahaya kesehatan yang parah.

Furnitur kayu yang melengkung mungkin juga sulit disimpan.

Furnitur berlapis

Furnitur berlapis kain penutup kain atau bantal kain terkadang bisa diselamatkan, tetapi akan lebih sering hilang total, terutama jika air tergenangnya banyak. Namun, jika banjir tidak terlalu lama, Anda bisa memisahkan kain pelapis dan item berwarna lainnya untuk mencegah kelunturan.

Keringkan sepenuhnya sesegera mungkin untuk mencegah pembentukan jamur dan lumut, yang mungkin terjadi jika lebih dari 20 persen kain basah.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.