Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2021, 14:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai yang licin bukan hanya menganggu, namun juga bisa menyebabkan cedera yang serius dan berakibat fatal.

Keadaan licin ini biasanya didapati di beberapa lantai area kamar mandi, dan dapur. Lumut serta kotoran yang menumpuk di lantai kamar mandi bisa menjadi penyebab utama lantai menjadi licin.

Sementara itu, lemak, minyak, dan cairan yang tumpah pada permukaan lantai sering kali menjadi akar masalah penyebab licin di lantai.

 

Baca juga: 5 Cara Mudah dan Murah untuk Beri Perubahan pada Dapur

Namun, dilansir dari Home Guides, Jumat (8/1/2021), membersihkan dapur secara berkala menjadi cara untuk mengatasinya, dan ada beberapa cara yang dapat mengurangi licinnya lantai. 

1. Bersihkan secara teratur

Bersihkan lantai dapur Anda secara teratur untuk menghilangkan minyak dan kontaminan licin dapur lainnya. Selalu gunakan produk yang sesuai untuk bahan lantai.

Menggunakan pembersih yang salah dapat meninggalkan residu di permukaan, dan residu itu bisa licin seperti kontaminan yang Anda buang.

2. Pastikan lantai tetap kering

Jaga agar lantai dapur Anda tetap kering, karena permukaan yang basah kemungkinan besar licin. Setelah dibersihkan, bersihkan lantai dengan kain pel kering. Segera bersihkan tumpahan kecil dengan tisu dapur. 

Baca juga: 6 Hal yang Bikin Dapur Terlihat Berantakan

3. Alas dapur

Tempatkan keset atau alas dapur di lantai di dapur rumah. Letakkan satu per satu di wastafel dan satu per satu pintu ke dapur, terutama pintu belakang yang mengarah ke luar.

Anjurkan untuk anggota keluarga menyeka kaki mereka saat masuk dari luar.

4. Alas dapur karet

Lapisi lantai dapur dengan alas dapur yang terbuat dari karet dan berlubang. Karet memberikan daya tarik air yang jatuh ke lantai. Sehingga, ketika tumpahan air serta bahan licin lainnya jatuh melalui lubang, dapat menjaga permukaan relatif kering.

Jika tidak ingin menutupi seluruh lantai, cukup tutupi area di samping wastafel dan kompor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com