Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengecat Plafon, Cara Lain untuk Lebih Hidupkan Ruangan

Kompas.com - 25/01/2021, 18:29 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna yang hadir pada sebuah ruangan tidak harus terbatas pada dinding dan furnitur. Ada cara lain untuk menyalakan dan menghidupkan sebuah ruangan, seperti mengecat langit-langit atau plafon.

Sebuah warna cat yang kamu berikan ke rumahmu sangat penting. Benda dekoratif perlu melengkapi warna pada ruangan. Oleh karena itu, warna dinding seharusnya tidak menjadi satu-satunya aspek yang kamu fokuskan.

Umumnya, orang-orang terlalu fokus pada pewarnaan lantai dan dinding, tapi bagaimana dengan plafon? Plafon biasanya memiliki warna yang tetap dan jarang diekspos lebih jauh untuk diwarnai.

Baca juga: Panduan Sebelum Memilih Warna Cat Eksterior untuk Rumah

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pewarnaan plafon untuk menambahkan warna dan makin menghidupkan sebuah ruangan, dilansir dari Decor Tips, Senin, (25/1/2021).

Seorang pemilik rumah bisa melewatkan elemen dekoratif yang menakjubkan jika mereka menghindari penggabungan kombinasi warna plafon dan dinding ke dalam rencana desain interiornya.

Kemungkinan besar, langit-langit di kamar tidur orang umumnya berwarna putih. Ini tidak berarti dindingnya juga putih, tapi banyak yang cenderung memilih putih.

Putih berpadu dengan baik dengan segalanya. Namun, itu tidak membuat plafon menonjol. Alhasil, kamu perlu lebih memusatkan perhatian pada objek dekoratif yang serasi dengan warna dinding.

Baca juga: 8 Pilihan Warna Apik untuk Dinding Ruang Makan

Jika ada lampu gantung, warna putih tidak akan menghasilkan efek kontras atau konfrontasi estetika. Di sisi lain, ini menghasilkan perasaan keterbukaan dan amplitudo yang lebih besar.

Jika kamu mengecat dinding ruangan dengan warna gelap, itu justru akan membuat ruangan terasa lebih kecil. Putih juga digunakan untuk membuat pekerjaan plesteran dan plafon plester.

Kombinasi warna terbaik antara plafon dan dinding

Dalam dunia desain interior, harus ada keserasian, keselarasan, dan kombinasi sumber daya dekoratif. Oleh karena itu, kamu harus memiliki kombinasi warna yang bagus untuk plafon dan dinding.

1. Telah disebutkan sebelumnya bahwa plafon putih sempurna saat memadukannya dengan dinding yang berwarna benar. Dengan cara ini, kamu tidak mempertaruhkan keharmonisan ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com