Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Cocopeat untuk Dijadikan Media Tanam

Kompas.com - 25/01/2021, 16:55 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cocopeat atau bisa disebut coco coir maupun coco fiber merupakan sebuah media tanam alternatif yang bisa digunakan untuk budidaya berbagai jenis tanaman, khususnya hidroponik.

Bahan utama media tanam ini terbuat dari sekam atau tempurung buah kelapa yang diolah atau dihaluskan, sehingga menjadi butiran-butiran seperti serbuk kayu.

Cocopeat sangat baik untuk dijadikan media tanam karena seimbang dalam mempertahankan kelembaban, artinya tanaman tidak mudah layu karena air yang tersimpan cukup lama pada cocopeat.

Baca juga: 7 Media Tanam Hidroponik yang Bisa Dicoba di Rumah

Selain itu, cocopeat juga bisa menetralkan kadar pH dan menyimpan unsur hara yang diberikan olah pemilik tanaman. Oleh karena itu, media tanam ini sangat bagus sekali untuk kamu yang mengoleksi tanaman di rumah.

Umumnya cocopeat bisa didapatkan atau dibeli di hampir setiap toko tanaman, namun kamu sebenarnya juga bisa membuatnya sendiri karena caranya mudah, sekaligus bisa lebih hemat.

Pada artikel kali ini kita akan membaas mengenai cara mudah membuat cocopeat sendiri di rumah yang dilihat di akun Youtube Taman Inspirasi, Senin, (25/1/2021).

Barang-barang yang perlu disiapkan

  • sabut kelapa
  • air 
  • pisau
  • blender
  • saringan
  • MOL air cucian beras dan urine kelinci

Baca juga: Berapa Tanaman yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Udara Ruangan?

1. Basahi sabut kelapa

Setelah mendapatkan sabut kelapa, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiram sabut kelapa. Gunakan sabut kelapa seperlunya.

Basahi sabut kelapa agar tidak terlalu keras saat dipotong-potong. Setelah dibasahi maka sabut kelapa siap untuk dipotong kecil-kecil.

2. Jemur potongan sabut kelapa

Setelah dipotong kecil-kecil, jemur potonga sabut kelapa agar lebih mudah untuk dihaluskan selama beberapa jam. Setelah dijemur dan kering, maka sabut kelapa bisa dihaluskan.

3. Haluskan

Untuk menghaluskan sabut kelapa, bisa dengan manual yakni dengan ditumbuk atau menggunakan blender sampai halus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com