Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kompas.com - 24/01/2021, 08:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang sudah diketahui, jika tanaman memiliki kemampuan untuk memberikan ketenangan jika diletakkan di dalam maupun ruangan.

Maka dari itu, di samping faktor jenis, warna, serta cara perawatan, ada satu faktor yang menjadi pertimbangan saat memilih tanaman, yakni bermanfaat bagi kesehatan mental si pemilik.

Dilansir dari Health Line, Minggu (24/1/2021), ada beragam jenis tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan mental maupun fisik, sebagai berikut.

Baca juga: 8 Tanaman Gantung yang Cocok untuk Ruang Kerja di Rumah

1. Lidah buaya

Lidah buaya mungkin merupakan tanaman rumah favorit karena memiliki banyak manfaat dan perawatan yang mudah. Daging dari tanaman buaya dapat mengobati luka pada kulit seperti luka bakar, bekas luka, dan peradangan.

Selain itu, lidah buaya juga bisa membersihkan udara di sekitarnya.

Yang harus diperhatikan saat merawat lidah buaya ini adalah selama proses penggantian pot, pangkas semua bagian yang mati dan tidak berkontribusi lagi pada pertumbuhannya, sehingga tidak membuat pertumbuhannya terganggu.

Untuk memanfaatkan manfaat lidah buaya, letakkan tanaman ini di dapur atau kamar mandi, yang merupakan tempat sebagian besar bahan kimia rumah tangga berada.

Baca juga: Lidah Buaya Juga Bisa Jadi Pupuk Alami Tanaman Hias

Karena lidah buaya dapat tumbuh menjadi tanaman yang sangat besar, sangatlah umum untuk menanamnya kembali di pot yang lebih besar agar dapat terus tumbuh hingga kapasitas maksimalnya.

Tanaman dengan perawatan rendah ini harus disiram dengan baik setiap minggu dan jemur di bawah sinar matahari. Atau letakkan di ambang jendela agar terkena paparan sinar matahari.

2. Lavender

Selain cantik, tanaman ini memiliki aroma yang menenangkan. Biasanya, aroma lavender digunakan sebagai minyak essensial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com