Cara Menangani Ikan Cupang yang Dibeli Online Ketika Baru Datang

Kompas.com - 23/01/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi ikan cupang di akuarium. SHUTTERSTOCK/BANNOKSTOCKPHOTOIlustrasi ikan cupang di akuarium.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada saat ini, membeli ikan cupang tidak lagi hanya bisa dibeli secara langsung ke tempat penjualnya, tapi juga bisa secara online, sehingga pembelinya tinggal menunggu ikan yang dibelinya diantar sampai ke rumahnya langsung.

Namun, ketika kamu membeli ikan cupang secara online yang diantarkan kurir ke rumahmu, kamu perlu melakukan penanganan yang khusus, karena ikan cupang tersebut tentunya dibungkus khusus dan melalui perjalanan jauh.

Penanganan yang tepat pada saat ikan cupang baru datang merupakan langkah awal yang sangat penting. Kesalahan penanganan pada saat ikan cupang yang baru datang dapat berakibat fatal.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ikan Cupang Memuntahkan Makanannya

Kesalahan penanganan pada ikan cupang yang baru datang bisa menjadi suatu tragedi, yang bisa membuat mereka mati hanya dalam hitungan beberapa jam saja.

Kenapa hal demikian bisa terjadi? Itu karena kualitas air dan suhu yang berbeda, sehingga ikan cupang yang baru datang memerlukan adaptasi terlebih dahulu.

Untuk menghindarkanmu dari hal yang tak diinginkan, berikut ini terdapat beberapa tips bagaimana cara menangani ikan cupang yang dibeli secara online ketika baru datang ke rumahmu, dilihat dari Channel Youtube Ahsana Betta Farm, Sabtu, (23/1/2021).

1. Beri garam ikan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ikan cupang yang baru datang adalah harus menyiapkan wadah atau akuarium untuk ikan cupang yang sudah diisi dengan air.

Baca juga: Tips Merawat Ikan Cupang untuk Pemula

Jangan lupa untuk menambahkan garam ikan. Untuk takaran garam ikannya, biasanya sebanyak 1 persen dari jumlah airnya, atau kamu bisa mengikuti takaran yang disarankan pada kemasan garam ikan.

2. Buka kemasan dan pastikan kondisi ikan cupang

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membuka kemasan yang membungkus ikan cupang.

Dalam hal ini, ada catatan penting saat kemasan ikan akan dibuka. Kamu jangan masukkan ikannya langsung ke dalam akuarium.

Kamu harus amati ikan cupang terlebih dahulu, atau bisa memvideokan saat akan membukanya, agar jika ternyata ikannya sudah mati dalam perjalanan, kamu bisa menyampaikan kepada penjualnya.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X