Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Mengapa Ikan Cupang Memuntahkan Makanannya

Kompas.com - 22/01/2021, 11:22 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi makan ikan cupang peliharaan adalah hal wajib yang perlu dilakukan setiap pemiliknya untuk proses kehidupannya.

Terdapat banyak pilihan makanan yang bisa dijadikan pakan untuk ikan cupang, mulai dari jentik nyamuk, kutu air, cacing darah, kuning telur hingga udang dan lain-lain.

Namun, jika kamu melihat ikan cupang memuntahkan makanan yang telah diberikan, kamu mungkin merasa khawatir, terutama jika kamu adalah seorang pemula.

Baca juga: Tips Merawat Ikan Cupang untuk Pemula

Akan tetapi, dalam banyak kasus, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Teruslah membaca untuk mengetahui semua alasan berbeda mengapa ikan cupang memuntahkan makanannya yang dilansir dari beberapa sumber, Jumat (22/1/2021).

Mengapa ikan cupang memuntahkan makanan?

Alasan paling umum ikan cupang milikmu memuntahkan makanannya adalah karena ukurannya yang terlalu besar. Perut ikan cupangmu kira-kira sebesar bola matanya, dan beberapa pakan bahkan lebih besar dari itu.

Jadi dalam banyak kasus, ikan cupang akan memuntahkan makanan beberapa kali karena ia benar-benar tidak dapat menelannya. Namun, ini tidak berarti dia tidak makan. Terkadang dia mungkin mengambil gigitan kecil dari makanan.

Meskipun sepertinya dia memuntahkan makanannya, dia sebenarnya mematahkan potongan-potongan kecil dan juga membuat bagian utamanya lebih mudah dicerna.

Baca juga: 5 Kesalahan Pemula Saat Akan Memelihara Ikan Cupang

Meskipun ini adalah alasan paling umum, ini bukan satu-satunya alasan. Berikut beberapa penyebab yang lebih umum.

1. Ikan cupang rakus

Ikan cupang bisa sangat rakus, melahap apa pun yang mendarat di permukaan air dalam sekejap. Namun, perut cupang berukuran kecil.

Seperti yang dijelaskan sebelumny, perut ikan cupangmu sama dengan bola matanya. Jadi, saat cupangmu melahap makanan yang lezat, ia mungkin ketagihan dan kesulitan menelan makanannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com