Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang sudah diketahui, jika tanaman memiliki kemampuan untuk memberikan ketenangan jika diletakkan di dalam maupun ruangan.

Maka dari itu, di samping faktor jenis, warna, serta cara perawatan, ada satu faktor yang menjadi pertimbangan saat memilih tanaman, yakni bermanfaat bagi kesehatan mental si pemilik.

Dilansir dari Health Line, Minggu (24/1/2021), ada beragam jenis tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan mental maupun fisik, sebagai berikut.

1. Lidah buaya

Lidah buaya mungkin merupakan tanaman rumah favorit karena memiliki banyak manfaat dan perawatan yang mudah. Daging dari tanaman buaya dapat mengobati luka pada kulit seperti luka bakar, bekas luka, dan peradangan.

Selain itu, lidah buaya juga bisa membersihkan udara di sekitarnya.

Yang harus diperhatikan saat merawat lidah buaya ini adalah selama proses penggantian pot, pangkas semua bagian yang mati dan tidak berkontribusi lagi pada pertumbuhannya, sehingga tidak membuat pertumbuhannya terganggu.

Untuk memanfaatkan manfaat lidah buaya, letakkan tanaman ini di dapur atau kamar mandi, yang merupakan tempat sebagian besar bahan kimia rumah tangga berada.

Karena lidah buaya dapat tumbuh menjadi tanaman yang sangat besar, sangatlah umum untuk menanamnya kembali di pot yang lebih besar agar dapat terus tumbuh hingga kapasitas maksimalnya.

Tanaman dengan perawatan rendah ini harus disiram dengan baik setiap minggu dan jemur di bawah sinar matahari. Atau letakkan di ambang jendela agar terkena paparan sinar matahari.

2. Lavender

Selain cantik, tanaman ini memiliki aroma yang menenangkan. Biasanya, aroma lavender digunakan sebagai minyak essensial.

Selain itu, aroma tanaman ini dapat efektif mengurangi kecemasan dan memberikan suasana tenang. Lavender dapat membantu untu tidur nyenyak, maka dari itu tempatkan mereka di kamar.

Untuk merawatnya, selama suhu udara hangat, pindahkan tanaman ini ke luar agar terpapar sinar matahari sehingga pertumbuhannya subur. Siram lavender ketika tanahnya sudah kering jika disentuh dan hindari menyiram terlalu banyak karena dapat membuatnya layu dan mati.

3. Lili

Tanaman cantik ini dapat meningkatkan aliran energi di rumah karena dapat menetralkan bahan kimia dalam ruangan. Bunga lili melambangkan kedamaian, ketenangan, kemakmuran, pemurnian, dan kesendirian.

Letakkan lili di kamar atau di kantor untuk membantu menyeimbangkan semua energi di dalam ruangan.

Yang harus diingat adalah tanaman cantik ini membutuhkan sinar matahari tidak langsung dan penyiraman seminggu sekali atau saat tanah kering jika disentuh.


4. Lidah Mertua

Dikenal memberikan energi pelindung yang kuat di ruang, snake plant atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua sangat tahan lama dan hanya membutuhkan sedikit perawatan untuk tumbuh.

Tanaman ini unik karena memiliki kemampuan untuk mengubah karbondioksida menjadi oksigen di malam hari. Letakkan tanaman ini di dalam kamar tidur dan cukup sirami setiap beberapa minggu sekali agar tanahnya tetap lembap.

5. Eucalyptus

Tanaman populer ini dikenal tidak hanya karena aromanya yang khas dan menyenangkan, tetapi juga kemampuannya untuk membantu mengobati asma, pilek, dan hidung tersumbat.

Jika Anda merasa sedikit tidak nyaman, Anda dapat membuat meletakkannya di kamar mandi.


Dengan menempatkan di sekitar kepala pancuran dan membiarkan uap dan panas naik, akan melepaskan aroma segar tanaman ke atmosfer. Untuk merawatnya, eucalyptus membutuhkan sinar matahari penuh dan perlu disiram secara teratur.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/24/085200476/5-tanaman-yang-bermanfaat-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke