Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pilihan Pelapis Lantai dengan Harga Terjangkau

Kompas.com - 07/01/2021, 17:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama pentingnya seperti pemilihan warna cat pada dinding, pemilihan pelapis lantai pun harus turut menjadi perhatian, mulai dari jenis, motif, hingga ukuran.

Berbagai macam pelapis lantai dapat dipilih mulai dari keramik, kayu, vinyl, dan lainnya yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap jenis pelapis lantai juga memiliki harga yang beraneka ragam, tergantu dari jenisnya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (7/1/2021) sebenarnya ada beberapa pilihan lantai yang tak sampai menguras dompet dan memiliki perawatan yang cukup mudah. Apa saja? Simak di sini.

Baca juga: 9 Manfaat Boraks, Bersihkan Lantai Kamar Mandi hingga Usir Semut

1. Vinyl

Pilihan pertama untuk lantai dengan harga terjangkau adalah lantai vinyl. Lantai vinyl merupakan bahan pelapis sintetis yang memiliki berbagai motif seperti kayu, keramik, marmer, dan sebagainya.

Dijual dalam bentuk gulungan, lantai ini terbuat dari bahan PVC yang mudah saat pemasangan. Kelebihan lainnya selain harganya yang terjangkau, lantai ini mudah dibersihkan dan tidak tembus kelembaban.

Namun, kekurangannya adalah permukaannya mudah tergores dengan benda tajam dan tidak bisa diperbaiki.

Tempat atau area rumah yang paling cocok diaplikasikan jenis pelapis lantai ini adalah dapur, ruang bermain, dan kamar mandi.

Baca juga: 7 Cara Mudah Membersihkan Lantai Kayu Vinyl

2. Lantai kayu aminasi

Lantai kayu laminasi merupakan alternatif yang ingin memiliki lantai kayu di dalam ruangannya, sebab ini lebih terjangkau. Lantai kayu laminasi tahan noda dan kelembapan serta mudah dibersihkan.

Papan kayu ini memiliki beragam motif seperti kayu birch, walnut, maple, hickory, chestnut, oak, mahoni, dan kayu eksotis. Umumnya papan ini berukuran lebar 5 sampai 9 inci dengan panjang 5 kaki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com