Kompas.com - 07/01/2021, 12:21 WIB
Ilustrasi memasak dengan wajan. UNSPLASH/MOR SHANIIlustrasi memasak dengan wajan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan merupakan salah satu peralatan memasak yang seringkali digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Untuk menghasilkan sajian yang lezat, wajan harus dipilih yang memiliki kualitas sehingga dapat menunjang kegiatan memasak ini.

Kualitas yang paling harus diperhatikan adalah bahan material yang dipakai, apakah anti lengket dan tidak akan merusak rasa masakan. Namun, bagaimana jika wajan yang dipakai adalah wajan yang membuat lengket ke sajian masakan dan menimbulkan bekas?

Baca juga: Tips Merawat Wajan Anti Lengket agar Tetap Seperti Baru

Dilansir dari Kitchen Hands Down, Kamis (7/1/2021), ada beberapa cara untuk menghilangkan jejak lengket dengan berbagai bahan ini.

1. Baking soda dan cuka

Untuk mengembalikan wajan dengan keadaan sedia kala, campurkan satu cangkir air, 2 sendok makan soda kue, dan setengah cangkir cuka putih.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biarkan tercampur dan letakkan wajan di atas kompor. Kemudian panaskan sampai mendidih sekitar 10 menit.

2. Minyak sayur

Cara lainnya adalah dengan menggosokan wajan dengan minyak sayur di permukaan untuk membersihkan bekas makanan yang lengket. Pastikan menggosok minyak pada saat wajan masih dalam keadaan hangat kuku atau pada suhu ruangan.

Baca juga: 4 Cara Mudah Bikin Wajan Berkilau Lagi

3. Semprotan antilengket

Ada beberapa cara untuk memulihkan wajan antilengket. Salah satunya adalah dengan menggunakan spray reparasi panci atau wajan antilengket.

Semprotan perbaikan panci dapat dibeli secara online atau dari toko perbaikan rumah.

Anda harus mencuci wajan secara menyeluruh dan memastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa di permukaan wajan.

Kemudian, beri sedikit waktu untuk mengering sebelum menggunakan semprotan tersebut. Setelahnya, semprotkan secukupnya dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X