Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tank-tank Israel Bergerak Menuju Kota Gaza, Tembaki Mobil di Jalanan

Kompas.com - 30/10/2023, 16:46 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Tank-tank Israel bergerak maju ke pinggiran Kota Gaza pada Senin (30/10/2023).

Para saksi mata berbicara kepada Kantor berita AFP, bahwa tank-tank tersebut memasuki distrik Zaytun di pinggiran selatan Kota Gaza, memotong jalan utama dari utara ke selatan wilayah Palestina yang dilanda perang itu.

"Mereka telah memotong Jalan Salahedin dan menembaki setiap mobil yang mencoba melewatinya," kata seorang warga yang tidak menyebutkan namanya.

Baca juga: Serangan Israel di Gaza Hancurkan 203 Sekolah dan 54 Tempat Ibadah

Tank-tank Israel dilaporkan kini berada di dekat persimpangan yang menghubungkan berbagai wilayah Gaza.

Jika tank-tank itu mencapai dan menguasai persimpangan tersebut, Israel akan secara efektif membagi wilayah selatan dan utara Gaza, sehingga secara signifikan menghambat pergerakan orang.

Sebelumnya, Israel dalam beberapa kesempatan telah memperingatkan 1,1 juta orang di Gaza utara, termasuk Kota Gaza, untuk pergi ke selatan guna menghindari serangan militernya terhadap penguasa Hamas.

Meskipun sejumlah besar orang telah pergi dalam beberapa minggu terakhir, puluhan ribu lainnya diyakini masih berada di zona tersebut.

Sejak Jumat (27/10/2023), pasukan Israel telah meningkatkan serangan darat mereka sebagai bagian dari respons militer terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober yang menurut para pejabat telah menewaskan 1.400 orang.

Sementara, Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan lebih dari 8.000 orang, sebagian besar warga sipil dan lebih dari setengahnya adalah anak-anak, telah terbunuh dalam serangan udara dan darat Israel.

Baca juga: Cerita Warga Israel Takut dengan Serangan Tanpa Henti ke Gaza

Tanggapan Hamas

Media Al Jazeera juga melaporkan bahwa tank-tank Israel telah mendekati pinggiran Kota Gaza pada Senin.

Juru bicara Hamas di Gaza, Hazem Qasem, kemudian membenarkan berita yang dilaporkan oleh Al Jazaeera tersebut.

“Perlawanan Palestina menyerang tank Israel di Jalan Salah Al Din,” katanya kepada surat kabar yang bermarkas di Doha, Qatar itu.

Dia menambahkan, tank-tank Israel juga telah menyerbu wilayah di tenggara Gaza setelah sebelumnya menghancurkannya dengan serangan udara.

“Perlawanan Palestina selalu siap menghadapi segala upaya Israel dalam melakukan invasi darat,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com