Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Luncurkan Operasi Darat, Tandai Fase Kedua Serangan Gaza

Kompas.com - 29/10/2023, 09:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

YERUSALEM, KOMPAS.com - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada Sabtu (27/10/2023) bahwa pasukan Israel telah meluncurkan fase kedua perang Gaza.

Ini dimulai saat mereka meluncurkan operasi darat terhadap Hamas dan bersumpah untuk menghancurkan musuh di atas dan di bawah tanah.

Warga Gaza yang terkepung hampir tidak memiliki komunikasi dengan dunia luar karena jet-jet Israel menjatuhkan lebih banyak bom di daerah kantong Palestina yang dikuasai Hamas.

Baca juga: Israel Klaim Telah Memulai Serangan Darat, Listrik Gaza Padam

Dilansir dari Reuters, para petinggi militer mengatakan bahwa serangan darat yang telah lama terancam sedang dipersiapkan.

Berbicara pada sebuah konferensi pers di Tel Aviv, Netanyahu memperingatkan warga Israel untuk bersiap-siap menghadapi kampanye militer yang panjang dan keras.

Namun, ia tidak menyebut serangan darat Israel saat ini sebagai sebuah invasi berskala besar.

Ia mengulangi himbauan Israel kepada warga sipil Palestina untuk mengungsi dari Jalur Gaza utara di mana Israel memusatkan serangannya, dan bersumpah bahwa segala upaya akan dilakukan untuk menyelamatkan lebih dari 200 sandera yang ditahan Hamas.

"Ini adalah tahap kedua dari perang yang tujuannya jelas, yaitu untuk menghancurkan kemampuan pemerintahan dan Hamas dan membawa pulang para sandera," kata Netanyahu.

"Kita baru berada di awal," katanya. "Kami akan menghancurkan musuh di atas tanah dan di bawah tanah."

Israel telah memperketat blokade dan membombardir Gaza selama tiga minggu setelah serangan kelompokHamas pada 7 Oktober menewaskan 1.400 warga Israel pada hari paling mematikan dalam 75 tahun sejarah negara itu.

Negara-negara Barat pada umumnya mendukung apa yang mereka katakan sebagai hak Israel untuk mempertahankan diri, namun telah terjadi peningkatan keprihatinan internasional atas jumlah korban akibat pengeboman dan meningkatnya seruan untuk jeda agar bantuan dapat sampai ke warga sipil Gaza.

Baca juga: AS Meminta Qatar Mengurangi Volume Pemberitaan Al Jazeera Terkait Hamas-Israel

Otoritas kesehatan di Jalur Gaza yang berpenduduk 2,3 juta jiwa mengatakan 7.650 warga Palestina telah tewas dalam kampanye Israel untuk melenyapkan militan.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang Otoritas Palestina memerintah beberapa bagian Tepi Barat yang diduduki, sementara Hamas yang memerintah Gaza, mengatakan bahwa rakyat menghadapi perang genosida dan pembantaian yang dilakukan Israel dan disaksikan seluruh dunia.

Dengan banyaknya bangunan yang menjadi puing-puing dan tempat berlindung yang sulit ditemukan, warga Gaza kekurangan makanan, air, bahan bakar dan obat-obatan.

Baca juga: Israel Siap di Semua Lini untuk Serang Hamas di Gaza

Penderitaan mereka semakin memburuk sejak Jumat malam ketika layanan telepon dan internet terputus, diikuti dengan pengeboman hebat sepanjang malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com