Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Hamas

Kompas.com - 17/10/2023, 14:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

YERUSALEM-JALUR GAZA, KOMPAS.com - Perbandingan kekuatan militer Israel dan Hamas mungkin menjadi salah satu informasi yang kini banyak dicari publik usai kedua belah pihak berperang.

Israel nyatanya memiliki salah satu militer dengan sumber daya terbaik di dunia, yang didukung penuh oleh Amerika Serikat (AS).

Sementara, di Hamas, mereka memiliki kelompok bersenjata yang sangat terlatih dengan sekutu regional yang kuat.

Baca juga: Perang Hamas-Israel Paksa 1,5 Juta Orang Mengungsi

Dengan kedua belah pihak siap untuk melakukan serangan darat setelah serangan Hamas pada 7 Oktober lalu, berikut adalah ikhtisar sumber daya militer mereka:

Kekuatan Militer Israel

Menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) Inggris, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) berjumlah 169.500 orang, di mana 126.000 di antaranya adalah tentara.

Selain itu, IDF memiliki 400.000 tentara cadangan, di mana 360.000 di antaranya telah dimobilisasi sejak serangan Hamas.

Israel memiliki beberapa pertahanan berteknologi paling canggih di dunia, termasuk sistem anti-rudal "Iron Dome".

Sebagaimana dikutip dari AFP, IISS mengatakan, Israel memiliki sekitar 1.300 tank dan kendaraan lapis baja lainnya, 345 jet tempur dan persenjataan artileri, drone, serta kapal selam canggih.

Meskipun bukan negara yang mendeklarasikan diri sebagai negara nuklir, Israel memiliki simpanan senjata nuklir lumayan.

Asosiasi Pengendalian Senjata menempatkan jumlah hulu ledak yang dimiliki Israel di angka 90.

Baca juga: UPDATE Perang Hamas-Israel, 3.629 Orang Tewas, 12.941 Terluka

Sekutu AS

Kantor berita AFP melaporkan, Amerika Serikat saat ini menyediakan 3,8 miliar dollar AS (sekitar Rp59,7 triliun) per tahun untuk Israel dalam bentuk bantuan militer di bawah perjanjian 10 tahun yang berlaku hingga 2028.

AS telah mengirimkan amunisi yang lebih banyak kepada Israel dan mengerahkan dua kapal induk ke Mediterania timur, yakni USS Gerald Ford, kapal perang terbesar di dunia, dan USS Eisenhower, yang bertujuan untuk menghalangi tidak hanya Hamas tapi juga sekutunya di Iran dan Hezbollah.

Firma analisis pertahanan Inggris Janes mengatakan, kapal induk AS melakukan perjalanan dengan kapal-kapal yang lebih kecil, yang menawarkan banyak kemampuan termasuk perlindungan rudal balistik, komando dan kontrol, bantuan kemanusiaan, evakuasi, dan bantuan bencana.

Kapal-kapal lebih kecil yang dimaksud, antara lain berupa kapal perusak, kapal penjelajah, kapal selam, dan kapal pendukung.

"Kapal induk lain menambah proyeksi kekuatan 95.000 ton lagi ke titik yang dibuat Amerika Serikat," kata pakar Janes, Nick Brown.

Baca juga: Siapa Saja Para Pemimpin Hamas?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com