Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Ingin Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Ukraina Diperpanjang Setahun

Kompas.com - 10/10/2022, 20:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JENEWA, KOMPAS.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ingin kesepakatan ekspor biji-bijian Ukraina via Laut Hitam diperpanjang setahun.

Kepala Kemanusiaan PBB Martin Griffiths menyebut, kesepakatan empat bulan untuk mengekspor biji-bijian dari Ukraina yang disepakati dengan Moskwa dan Kyiv harus diperpanjang selama setahun.

Kesepakatan itu diketahui akan berakhir pada 22 November 2022.

Baca juga: Moskwa Bahas Ekspor Biji-bijian Rusia dengan PBB

Griffiths mengaku cukup yakin bahwa kesepakatan Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam akan diperbarui.

Dua perjanjian telah ditandatangani di bawah PBB pada 22 Juli 2022.

Perjanjian ini memungkinkan pembukaan ekspor biji-bijian, termasuk gandum Ukraina, dan ekspor makanan dan pupuk Rusia meskipun ada sanksi Barat yang diberlakukan di Moskwa.

"(Kesepakatan) Itu perlu melampaui siklus empat bulan. Kita perlu melihatnya diperbarui selama satu tahun," kata Griffiths pada konferensi pers di Jenewa.

"Petani perlu segera mengetahui apakah layak menanam untuk panen yang akan datang tahun depan. Dan untuk alasan itu, kita perlu memiliki semacam kepastian tentang operasi Laut Hitam," tambah dia, sebagaimana dikutip dari AFP.

Baca juga:

Rusia mengeluh bahwa meskipun ada perjanjian Laut Hitam, Rusia tidak dapat menjual makanan dan pupuknya karena sanksi terhadap sektor keuangan dan logistiknya.

"Kami ingin melihat kesepakatan diperbarui dan bahkan mungkin diperluas untuk memasukkan lebih banyak pupuk," kata Griffiths.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com