Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moskwa Bahas Ekspor Biji-bijian Rusia dengan PBB

Kompas.com - 08/09/2022, 13:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Pejabat senior PBB dan Rusia bertemu di Jenewa pada Rabu (7/9/2022) untuk membahas keluhan Moskwa bahwa sanksi Barat menghambat ekspor biji-bijian dan pupuknya.

Hambatan ini terjadi meskipun ada kesepakatan yang ditengahi PBB untuk meningkatkan pengiriman biji-bijian dari Rusia dan Ukraina.

PBB, Turki, Ukraina, dan Rusia pada 22 Juli 2022 menyetujui kesepakatan untuk memulai kembali ekspor biji-bijian dan pupuk dari Laut Hitam Ukraina serta memfasilitasi pengiriman dari Rusia.

Baca juga: Putin Serukan Peninjauan Kembali Kesepakatan Gandum Ukraina

Walau Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lainnya menekankan bahwa makanan dan pupuk Rusia tidak dikenakan sanksi atas invasi Moskwa pada 24 Februari terhadap Ukraina, Rusia menegaskan ada efek buruk pada ekspornya.

Pejabat senior perdagangan PBB Rebeca Grynspan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Vershinin untuk diskusi di Jenewa pada Rabu (7/9/2022), kata juru bicara PBB Stephane Dujarric.

"Diskusi sedang berlangsung pada tingkat yang sangat konstruktif dan profesional," katanya dikutip dari Reuters.

"Tantangannya cukup jelas, tetapi saya tidak akan membahas secara detail apa yang dibahas di sekitar meja itu," lanjut dia.

Baca juga:

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Selasa (6/9/2022) menyerukan penghapusan "sanksi logistik yang mencegah akses bebas biji-bijian dan pupuk Rusia ke pasar dunia."

Keluhan Moskwa muncul menjelang kemungkinan diskusi yang bertujuan memperpanjang kesepakatan awal 120 hari tentang ekspor gandum Ukraina.

Perjanjian tersebut bertujuan membantu meringankan krisis pangan global yang menurut PBB diperburuk oleh perang Rusia-Ukraina dan mendorong puluhan juta orang kelaparan, karena Ukraina dan Rusia adalah pengekspor gandum utama.

Baca juga: Taliban Dekati Rusia untuk Bisa Beli Gandum, Gas, dan Minyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com