Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Copot Jenderal Pangkat Tinggi di Perang Ukraina karena Masalah Logistik

Kompas.com - 25/09/2022, 19:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia pada Sabtu (24/9/2022) mengumumkan penggantian jenderal berpangkat tertinggi yang bertanggung jawab atas logistik di perang Ukraina.

Pergantian jenderal ini terjadi di tengah upaya mobilisasi parsial Rusia dan terkuaknya masalah logistik yang meluas.

"Jenderal Angkatan Darat Dmitry Bulgakov dicopot dari jabatan wakil menteri pertahanan" dan akan digantikan oleh Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev, kata Kementerian Pertahanan Rusia di Telegram.

Baca juga: Perang di Ukraina Makin Jadi, Putin Umumkan Mobilisasi Parsial Rusia, Pertama Sejak PD II

Mizintsev (60) berada di bawah sanksi Inggris atas perannya dalam pengepungan kota pelabuhan Mariupol di Ukraina, yang direbut oleh pasukan Rusia pada Mei.

Operasi militer--dan keberhasilan tentara Ukraina baru-baru ini--menunjukkan kelemahan logistik penting di tentara Rusia, menurut laporan kantor berita AFP.

Beberapa analis bahkan percaya logistik adalah mata rantai yang lemah di tentara Rusia, sehingga menyebabkan kesulitan sejak peluncuran serangan ke Ukraina.

Mobilisasi parsial yang diumumkan Rusia pada Rabu (21/9/2022) adalah tantangan logistik lain bagi militer negara tersebut.

Ratusan ribu pasukan cadangan yang datang dari seluruh Rusia perlu dikumpulkan, diperlengkapi, dan dilatih sebelum ditempatkan di medan perang.

Baca juga: Apa Itu Mobilisasi Parsial Rusia dan Dampaknya di Perang Ukraina?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com