Kompas.com - 18/08/2022, 10:12 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Pria yang diduga menikam Salman Rushdie, penulis buku ayat-ayat setan, mengaku mengagumi mantan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Khomeini, yang mengeluarkan seruan untuk kematian Rushdie pada 1989.

Hadi Matar, tersangka penyerang Rushdie, mengatakan menghormati mantan pemimpin Iran dan percaya bahwa Rushdie menyerang Islam melalui tulisannya.

Iran membantah terlibat dalam serangan itu tetapi menyalahkan Rushdie karena menimbulkan kontroversi.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Penulis Buku Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam | Rumah Donald Trump Digerebek

“Saya menghormati Ayatollah. Saya pikir dia orang yang hebat. Sejauh itu yang akan saya katakan tentang itu,” kata Matar kepada New York Post, berbicara dari Penjara Kabupaten Chautauqua, tempat dia ditahan sebagaimana dilansir Al Jazeera pada Rabu (17/8/2022).

Serangan terhadap Rushdie minggu lalu, yang membuat penulis itu dirawat di rumah sakit, kembali memunculkan sorotan akan ancaman Iran sebelumnya terhadapnya.

Pemerintah Iran menghindar dari seruan sebelumnya terkait kematian Rushdie, dan mengatakan tidak terkait dengan Matar dengan cara apa pun.

Tetapi, para kritikus menilai pernyataan baru-baru ini dari pejabat Iran sebagai bukti bahwa posisi negara itu tidak berubah secara substantif.

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanani mengatakan kepada wartawan pada Senin (15/8/2022) bahwa "kami menganggap tidak ada seorang pun kecuali (Rushdie) dan para pendukungnya yang pantas disalahkan atau bahkan dikutuk" atas serangan itu dan bahwa penulisnya "mengekspos dirinya pada kemarahan publik".

Baca juga: Iran Tepis Punya Hubungan dengan Penikam Salman Rushdie, Ini yang Dikatakan

Matar mengatakan kepada New York Post bahwa dia hanya membaca beberapa halaman novel Rushdie, “The Satanic Verses”, tetapi mengaku sudah melihat video penulis itu di YouTube.

“Saya tidak terlalu menyukainya (Rushdie),” kata Matar, menurut surat kabar itu.

Halaman:
Sumber Al Jazeera
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.