Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 PM Jepang yang Tewas Dibunuh, Termasuk Shinzo Abe

Kompas.com - 09/07/2022, 17:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Kompas.id

TOKYO, KOMPAS.com - Sebelum insiden Shinzo Abe PM Jepang ditembak kemudian tewas, sudah ada enam kasus pembunuhan perdana menteri negara tersebut.

Keenam pembunuhan ini melibatkan PM Jepang yang masih menjabat maupun sudah purnatugas.

Shinzo Abe menjadi yang ketujuh tewas. Mantan PM Jepang ditembak saat berpidato dalam kampanye di kota Nara pada Jumat (8/7/2022) siang waktu setempat.

Baca juga: Mengapa Shinzo Abe Jadi Sosok yang Begitu Penting di Jepang?

Dikutip dari Kompas.id pada Minggu (9/7/2022) dalam artikel Shinzo Abe dan Sederet PM Jepang Korban Pembunuhan, berikut adalah daftar tujuh perdana menteri "Negeri Sakura" yang tewas dibunuh.

1. Koshaku Ito Hirobumi (1841-1909)

Koshaku Ito Hirobumi adalah perdana menteri pertama Jepang setelah negara itu mengadopsi model pemerintahan demokrasi parlementer.

Masa kepemimpinannya cukup panjang yaitu empat periode, sehingga menjadikannya PM Jepang yang pertama, kelima, ketujuh, dan kesepuluh.

Hirobumi tewas di tangan seorang aktivis kemerdekaan Korea bernama An Jung-geun, ketika berada di Stasiun Kereta Api Harbin di China, 26 Oktober 1909.

Kematian Koshaku Ito Hirobumi dikaitkan dengan gejolak relasi politik Korea dan Jepang pada awal 1900-an.

Saat itu, relasi geopolitik antara Korea dan Jepang dalam ikatan Perjanjian 1905 pascaperang Rusia-Jepang (1904-1905) yang menjadikan negara Korea sebagai wilayah protektorat atau dikontrol, tetapi tidak dimiliki oleh Jepang.

Peristiwa Koshaku Ito Hirobumi dibunuh tahun 1909 justru memantik aneksasi Jepang terhadap Korea pada 22 Agustus 1910 yang membuat tensi semakin tinggi.

Baca juga:

2. Takashi Hara (1856-1921)

Bendera Jepang. (Shutterstock) Bendera Jepang. (Shutterstock)
Takashi Hara menjabat sebagai PM Jepang pada 1918 hingga 1921 ketika menemui ajalnya.

Ia ditusuk oleh Nakaoka Kon'ichi, pemuda berusia 19 tahun yang merupakan anggota sayap kanan, di Stasiun Tokyo, 4 November 1921.

Berita terbunuhnya PM Jepang Takashi Hara terdengar ke seluruh penjuru dunia.

Sehari setelahnya pada 5 November 1921, kabar tersebut dimuat di halaman pertama koran The New York Times dengan judul Japanese Premier Stabbed to Death by Korean Fanatic.

3. Hamaguchi Osachi (1870-1931)

Hamaguchi Osachi ditembak oleh pemuda anggota sayap kanan pada 1930. Lokasi kejadiannya berdekatan dengan tempat Hara tewas sembilan tahun sebelumnya, yaitu di peron Stasiun Tokyo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com