Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Detik-detik Mantan PM Jepang Ditembak dari Belakang, Shinzo Abe Dikhawatirkan Tewas

Kompas.com - 08/07/2022, 14:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP,NHK

NARA, KOMPAS.com - Sejumlah video yang menunjukkan saat-saat sebelum Shinzo Abe mantan PM Jepang ditembak beredar di media sosial.

Mantan PM Jepang Abe ditembak saat berpidato dalam acara kampanye pada Jumat (8/7/2022) di kota Nara sekitar pukul 11.30 waktu setempat.

Setelah kena tembakan di punggung, mantan PM Jepang selama dua periode itu langsung jatuh dan dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya sekarang henti jantung dan dia dikhawatirkan tewas.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dikhawatirkan Tewas Setelah Ditembak

Dikutip dari kantor berita AFP, para saksi di lokasi mantan PM Jepang ditembak mengungkapkan betapa syoknya mereka.

"Dia (Abe) sedang berpidato dan seorang pria datang dari belakang," kata seorang perempuan muda kepada media Jepang NHK.

"Tembakan pertama terdengar seperti bazoka mainan. Dia tidak jatuh dan ada suara ledakan besar. Tembakan kedua lebih terlihat, Anda bisa lihat percikan dan asap," tambahnya.

"Setelah tembakan kedua, orang-orang mengelilinginya dan memberinya pijatan jantung."

Foto-foto dan keterangan para saksi menunjukkan Abe berdarah dari leher. Ia awalnya sadar tetapi kemudian pingsan, menurut laporan NHK.

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran, Shinzo Abe mantan PM Jepang ditembak di punggung. Ia mengalami luka dan pendarahan di sisi kanan lehernya, serta pendarahan subkutan di dada kirinya. Keadaannya kini henti jantung.

Istilah henti jantung sering digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital, dan umumnya mendahului sertifikasi formal kematian oleh koroner.

Baca juga:

Polisi telah menangkap pelaku penembakan di Jepang ini, dan mengungkap identitas serta motifnya. Pelaku tidak melarikan diri setelah mantan PM Jepang Abe ditembak.

Dikutip dari NHK, pelaku bernama Tetsuya Yamagami (41) yang tinggal di kota Nara. Ia dikenakan tuduhan percobaan pembunuhan.

Adapun motif Tetsuya Yamagami menembak Shinzo Abe adalah tidak puas dengan eks PM Jepang itu dan hendak membunuhnya.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Jepang berujar, senjata yang dipakai pelaku tampaknya buatan tangan. Pelaku pernah bekerja untuk Pasukan Bela Diri Maritim selama tiga tahun hingga sekitar 2005.

Dikutip dari kantor berita AFP, Pasukan Bela Diri Maritim termasuk dalam bagian Angkatan Laut Jepang.

Seorang pejabat dari cabang lokal Partai Demokrat Liberal yang dipimpin Abe mengatakan, tidak ada ancaman sebelum insiden dan pidatonya diumumkan secara terbuka.

Shinzo Abe adalah perdana menteri terlama di Jepang, menjabat pada 2006-2007 kemudian 2012-2020 sebelum terpaksa mundur karena sakit radang usus.

Haluan politik Shinzo Abe adalah konservatif hawkish yang mendorong revisi konstitusi pasifis Jepang untuk mengakui militer negara itu, dan tetap menjadi politisi terkemuka meski sudah mundur sebagai perdana menteri.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dilaporkan Ditembak dengan Shotgun

Kasus PM Jepang ditembak sangat jarang terjadi. Insiden serupa terakhir kemungkinan pada 1960 saat Inejiro Asanuma pemimpin Partai Sosialis ditikam pemuda sayap kanan, menurut Corey Wallace asisten profesor di Universitas Kanagawa yang berfokus pada politik Jepang, ketika dihubungi AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com