Kompas.com - 03/07/2022, 18:02 WIB

VERONA, KOMPAS.com - Italia kekeringan dan kota Verona di timur laut negara itu membatasi penggunaan air minum, menurut pengumuman pada Minggu (3/7/2022).

"Karena situasi cuaca dan dampaknya terhadap pasokan air, wali kota menandatangani perintah pembatasan penggunaan air minum untuk keperluan rumah tangga," bunyi pesan di situs web kota dikutip dari kantor berita AFP.

Perintah tersebut berlangsung hingga akhir Agustus di kota berpenduduk 250.000 orang itu. Warga Verona akan dilarang menggunakan air minum untuk menyirami taman atau lapangan olahraga.

Baca juga: Italia Darurat Kekeringan, Kota Milan Matikan Air Mancur

Air juga tidak boleh digunakan untuk mencuci mobil atau mengisi kolam renang. Pelanggar dapat didenda hingga 500 euro (Rp 7,8 juta).

Kota Verona terkenal sebagai rumah dari sepasang kekasih Romeo dan Juliet yang kisahnya mendunia.

Akibat Italia kekeringan, sejumlah kota di "Negeri Piza" juga mulai menerapkan beberapa bentuk penjatahan air setelah musim semi yang sangat panas dan kering memicu kekhawatiran khalayak.

Damiano Tommasi mantan pemain Gli Azzurri saat menjabat sebagai Kepala Asosiasi Pesepak Bola Italia, berpidato dalam pemilihan presiden federasi sepak bola Italia (FIGC), 29 Januari 2018. Damiano Tommasi terpilih sebagai Wali Kota Verona pada Minggu (26/6/2022) setelah mengalahkan kandidat petahana.AFP/ANDREAS SOLARO Damiano Tommasi mantan pemain Gli Azzurri saat menjabat sebagai Kepala Asosiasi Pesepak Bola Italia, berpidato dalam pemilihan presiden federasi sepak bola Italia (FIGC), 29 Januari 2018. Damiano Tommasi terpilih sebagai Wali Kota Verona pada Minggu (26/6/2022) setelah mengalahkan kandidat petahana.
Sungai Po yang terpanjang di Italia dan reservoir air tawar terbesar negara itu mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun.

Permukaan Danau Maggiore dan Garda sama-sama jauh lebih rendah dari biasanya tahun ini. Sementara itu lebih jauh ke selatan, permukaan Sungai Tiber yang mengalir melalui Roma juga turun.

Pekan lalu, Wali Kota Milan mengumumkan air mancur di kota Italia utara tersebut akan dimatikan sebagai bagian dari pembatasan air karena kekeringan.

Baca juga:

Asosiasi pertanian terbesar Italia, Coldiretti, memperingatkan bahwa kekeringan membuat lebih dari 30 persen produksi pertanian nasional dan setengah dari peternakan di Lembah Po dalam bahaya.

Wilayah Lombardy di Italia utara menyerukan keadaan darurat, mengarahkan wali kota membatasi penggunaan air yang tidak mendesak seperti mengairi jalan, taman air, dan lapangan olahraga.

Dampak Italia kekeringan juga melanda pembangkit listrik tenaga air (PLTA), yang sebagian besar berlokasi di pegunungan di utara negara itu dan menyuplai hampir seperlima kebutuhan energi Italia.

Baca juga: Penampakan Kota Berusia 3.400 Tahun yang Muncul dari Dasar Sungai Tigris Setelah Kekeringan

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.