Kompas.com - 03/07/2022, 17:31 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Steven Ho (42) pejabat parlemen Hong Kong positif Covid-19 pada Minggu (3/7/2022) setelah melakukan foto bersama Presiden China Xi Jinping.

Xi Jinping ke Hong Kong dengan protokol keamanan ketat, untuk menghadiri perayaan 25 tahun penyerahan kota itu dari Inggris ke China.

Kunjungan ke Hong Kong adalah perjalanan pertama Xi Jinping keluar dari China daratan sejak pandemi Covid-19.

Baca juga: Xi Jinping Datang, Hong Kong Tegang

Steven Ho merupakan anggota DAB (partai pro-Beijing terbesar di Hong Kong) yang duduk di badan legislatif kota. Dia salah satu dari sekitar 100 pejabat yang diberikan izin berdekatan dengan Xi Jinping untuk sesi foto bersama pada Kamis (30/6/2022) sore.

Kantor berita AFP melaporkan, Steven Ho berdiri dua baris tepat di belakang Xi Jinping, menurut foto yang dirilis oleh pemerintah.

Ia dinyatakan negatif Covid saat hari pertama kunjungan Xi Jinping pada Kamis (30/6/2022), dan hasil tesnya belum diketahui pada Jumat (1/7/2022) sehingga tidak mengikuti acara apa pun hari itu.

"Sampel 1 Juli adalah satu dengan infektivitas sangat rendah dan dikategorikan 'tidak pasti', tetapi demi keamanan publik, saya tidak berpartisipasi dalam acara pada hari itu," tulis Ho di media sosialnya, dikutip dari AFP.

Polisi unit khusus Hong Kong melakukan pengamanan di distrik Wanchai pada Kamis (30/6/2022), jelang kedatangan Presiden China Xi Jinping ke Hong Kong untuk menghadiri peringatan ke-25 penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China.AFP/PETER PARKS Polisi unit khusus Hong Kong melakukan pengamanan di distrik Wanchai pada Kamis (30/6/2022), jelang kedatangan Presiden China Xi Jinping ke Hong Kong untuk menghadiri peringatan ke-25 penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China.
Steven Ho adalah anggota kedua partai DAB yang positif Covid sekitar waktu kunjungan Xi Jinping ke Hong Kong.

Sebelumnya, Tam Yiu-chung satu-satunya perwakilan Hong Kong untuk badan pembuat undang-undang utama Beijing dinyatakan positif Covid pada Kamis (30/6/2022) dan absen dari semua acara.

Baca juga:

China adalah satu-satunya negara perekonomian utama yang masih menerapkan kebijakan nol-Covid untuk menghilangkan wabah virus corona, dengan strategi lockdown cepat dan pengujian massal.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.