Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 16:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Sumber Antara

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Isu mengenai harga kebutuhan pokok mendominasi pemberitaan dan tajuk utama media-media massa di Malaysia selama Juni.

Berkenaan dengan itu, kebijakan-kebijakan Pemerintah Malaysia yang bertujuan untuk mengatasi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok, serta meringankan biaya hidup masyarakat juga ramai menjadi pemberitaan media daring, cetak, maupun penyiaran di Malaysia.

Yang terbaru, Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yakoob mengumumkan soal pembentukan Satuan Tugas Khusus Jihad Melawan Inflasi yang diketuai Menteri Informasi dan Multimedia Annuar Musa pada Rabu (29/6/2022) juga ramai menjadi pemberitaan media massa.

Baca juga: Pesan Tak Tertulis Zelensky untuk Putin melalui Jokowi...

Selanjutnya ada pula isu politik berkenaan dengan rencana pelaksanaan Pilihan Raya Umum ke-15 (PRU-15) yang sering terangkat dalam berbagai pemberitaan media massa di Malaysia akhir-akhir ini.

Pada Rabu (30/6/2022), perhatian media massa di Malaysia tertuju pula pada pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, serta pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskwa, Rusia.

Kantor Berita Nasional Malaysia Bernama mengangkat soal tawaran Presiden Jokowi untuk mengantarkan pesan Zelensky ke Putin. Serta isi pertemuan Jokowi dengan Putin yang membahas situasi terkini di Ukraina dan soal suplai gandum serta pupuk yang memengaruhi pasokan pangan global.

New Straits Times dan portal berita Malaysiakini juga mengangkat sudut pandang yang sama berkaitan dengan tawaran Jokowi untuk menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin.

Dalam pemberitaannya, kedua media tersebut mengutip pernyataan Presiden Jokowi yang mengatakan meskipun sangat sulit dicapai, dirinya tetap menyampaikan pentingnya resolusi perdamaian dan menawarkan diri untuk menyampaikan pesan Zelenskyy kepada Putin.

Baca juga: 5 Hari Jokowi di Ukraina, Rusia, KTT G7, dan UEA: Curhat Putin hingga Rangkulan Biden

Sedangkan portal berita daring berbahasa Inggris The Star mengangkat judul tentang Putin yang menawarkan investasi kereta api Rusia di ibu kota baru Indonesia. Serta soal kesediaan perusahaan energi Rusia untuk mengembangkan tenaga nuklir.

Sementara itu, media cetak berbahasa Melayu, Berita Harian, dalam versi daring mengangkat soal pertemuan Jokowi, Zelensky dan Putin. Berita Harian memberitakan Presiden Jokowi menjadi pemimpin Asia Tenggara pertama yang bertemu Presiden Rusia dan Presiden Ukraina untuk usaha perdamaian, demi mempercepat pemulihan pasokan pangan dan pupuk global yang terdampak konflik kedua negara.

Koran Harian berbahasa Melayu, Utusan Malaysia, dalam versi daringnya pada Sabtu, mengangkat tulisan dengan judul Putin "mengungkapkan perasaannya" kepada Jokowi, mengakui sakitnya sanksi Barat.

Utusan Malaysia mengutip Kantor Berita Rusia TASS yang menyebutkan secara resmi, makanan dan baja tidak termasuk dalam pembatasan yang dilakukan Barat. Namun pemilik perusahaan yang memproduksi makanan dan pupuk, termasuk anggota keluarga mereka yang harus tunduk pada pembatasan Barat.

Baca juga: Jawaban Kremlin Saat Ditanya Isi Pesan Zelensky yang Disampaikan Jokowi ke Putin

Kata warganet

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Ukraina dan Presiden Rusia juga mendapat perhatian dari warganet atau netizen dari Malaysia. Salah satu yang mengetwi soal pertemuan itu adalah akun Twitter @sitikasim yang diakses di Kuala Lumpur, Sabtu, pukul 19.50 waktu setempat.

Dalam twit yang dibagikan pada 1 Juli 2022, pukul 08.10 waktu setempat itu @sitikasim mengatakan,"When are we going to get a #JOKOWI for a leader? He's wearing sport shoes! No jacket and very casual. I love this man (Kapan kita akan mendapatkan #JOKOWI untuk seorang pemimpin? Dia memakai sepatu olahraga! Tanpa jaket dan sangat kasual. Aku mencintai pria ini)".

Siti yang menambahkan emoticon cinta di akhir kalimatnya tersebut juga membagikan cuplikan video pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Zelensky yang telah ditonton 8.383 kali dan mendapat 51 komentar saat diakses Antara.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com