Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Darurat Kekeringan, Kota Milan Matikan Air Mancur

Kompas.com - 27/06/2022, 14:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MILAN, KOMPAS.com - Wali Kota Milan Beppe Sala pada Sabtu (25/6/2022) mengumumkan, akan mematikan air mancur kota tersebut untuk mengatasi kekeringan yang sedang melanda.

Beppe Sala mengumumkannya sehari setelah wilayah Lombardy di Italia utara menyatakan keadaan darurat yang berlangsung hingga 30 September, dan mengimbau para wali kota untuk membatasi penggunaan air non-esensial.

Dekrit darurat akan mencakup "penutupan semua air mancur kecuali yang terdapat flora dan fauna serta danau dan parit irigasi taman kota", kata Wali Kota Milan dikutip dari AFP.

Baca juga: Kota di Meksiko Batasi Akses Air Hanya 6 Jam Per Hari karena Kekeringan

Namun, dia mengatakan bahwa air mancur minum akan terus mengalir dan suhu di atas 30 derajat Celsius serta gelombang panas baru akan segera terjadi selama berminggu-minggu.

Sala tidak mengatakan kapan akan mematikan air mancur, dan otoritas kota belum memberikan komentar.

"Darurat kekeringan terus berlanjut dan tindakan harus diambil," katanya dikutip dari AFP, seraya menambahkan bahwa setiap orang harus melakukan tugasnya masing-masing.

Dia meminta warga meminimalkan penggunaan air minum untuk membersihkan dan menyiram tanaman. serta mengatakan bahwa sistem irigasi yang mengairi rumput umum dan ruang hijau akan dihentikan, kecuali untuk pohon yang baru ditanam.

Baca juga:

Suhu di kantor, toko, dan rumah harus dijaga pada 26 derajat atau lebih, "untuk mengurangi konsumsi energi dan karena itu mengurangi risiko pemadaman," lanjutnya.

Kota-kota di seluruh Italia juga mulai menerapkan penjatahan air setelah musim semi yang sangat panas dan kering memicu kekhawatiran masyarakat.

Sungai Po, sungai terpanjang di Italia dan reservoir air tawar terbesarnya, sampai mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun.

Baca juga: Kekeringan Parah Ancam Pasokan Listrik, Warga Brasil Diminta Berhenti Gunakan Lift dan Mandi Air Dingin

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com