Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Italia Kekeringan, Kota Rumahnya Romeo-Juliet Batasi Pemakaian Air Minum

"Karena situasi cuaca dan dampaknya terhadap pasokan air, wali kota menandatangani perintah pembatasan penggunaan air minum untuk keperluan rumah tangga," bunyi pesan di situs web kota dikutip dari kantor berita AFP.

Perintah tersebut berlangsung hingga akhir Agustus di kota berpenduduk 250.000 orang itu. Warga Verona akan dilarang menggunakan air minum untuk menyirami taman atau lapangan olahraga.

Air juga tidak boleh digunakan untuk mencuci mobil atau mengisi kolam renang. Pelanggar dapat didenda hingga 500 euro (Rp 7,8 juta).

Kota Verona terkenal sebagai rumah dari sepasang kekasih Romeo dan Juliet yang kisahnya mendunia.

Akibat Italia kekeringan, sejumlah kota di "Negeri Piza" juga mulai menerapkan beberapa bentuk penjatahan air setelah musim semi yang sangat panas dan kering memicu kekhawatiran khalayak.

Permukaan Danau Maggiore dan Garda sama-sama jauh lebih rendah dari biasanya tahun ini. Sementara itu lebih jauh ke selatan, permukaan Sungai Tiber yang mengalir melalui Roma juga turun.

Pekan lalu, Wali Kota Milan mengumumkan air mancur di kota Italia utara tersebut akan dimatikan sebagai bagian dari pembatasan air karena kekeringan.

  • Eks Pemain Timnas Italia jadi Wali Kota Verona, Pernah Juara Serie A
  • Kota di Meksiko Batasi Akses Air Hanya 6 Jam Per Hari karena Kekeringan
  • Di Tengah Gelombang Covid-19 Terburuk, Korea Utara Klaim Mampu Atasi Kekeringan

Asosiasi pertanian terbesar Italia, Coldiretti, memperingatkan bahwa kekeringan membuat lebih dari 30 persen produksi pertanian nasional dan setengah dari peternakan di Lembah Po dalam bahaya.

Wilayah Lombardy di Italia utara menyerukan keadaan darurat, mengarahkan wali kota membatasi penggunaan air yang tidak mendesak seperti mengairi jalan, taman air, dan lapangan olahraga.

Dampak Italia kekeringan juga melanda pembangkit listrik tenaga air (PLTA), yang sebagian besar berlokasi di pegunungan di utara negara itu dan menyuplai hampir seperlima kebutuhan energi Italia.

 

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/03/180200270/italia-kekeringan-kota-rumahnya-romeo-juliet-batasi-pemakaian-air-minum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke